Pelaksanaan Metode Ahe dalam Pembelajaran Tambahan Membaca Anak Usia Dini: Studi Kasus Partisipatif Belajar Tambahan Membaca Anak Usia Dini Lembaga Ahe di Unit Purwabakti Bogor
Isi Artikel Utama
Ai Yulianah
Zaenal Abidin
M Taufiq Aziz
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Metode Ahe dalam pembelajaran tambahan membaca anak usia dini di unit Purwabakti Bogor. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus partisipatif, dengan setting penelitian di unit Purwabakti. Informan penelitiannya yaitu Pemilik unit, guru pembimbing dan orang tua. Menggunakan jenis data penelitian rekaman audio, video, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk menguji keabsahan data digunakan dengan teknik triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Peneliti menemukan perkembangan kemampuan membaca anak berkembang baik dan metode Ahe menyenangkan dan dapat menumbuhkan semangat dan minat belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran membaca Ahe Purwabakti sesuai dengan teknik yang ditetapkan oleh Ahe Pusat dengan melakukan 6 langkah pembelajaran, di antaranya yaitu senam otak angka delapan tidur, evaluasi, membaca modul, pengayaan, menulis dan permainan. Adapun Ahe Purwabakti memiliki keunikan tersendiri yaitu menginovasi permainan dengan tujuan anak tidak merasa bosan dalam belajar membaca di Ahe Purwabakti. Permainan yang terdapat di Ahe Pusat yaitu: permainan gawangan, permainan jual beli, permainan ayam dan permainan sekilas pandang. Sedangkan di Ahe Purwabakti memiliki tambahan permainan di antaranya yaitu permainan petak umpet, permainan donat melingkar, permainan batu kertas gunting, permainan tepuk kartu, dan permainan polisi tangkap.