REKONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN SALAFI DI ERA MODERN
Isi Artikel Utama
ida amelia
Reni Astuti
Mumu Zainal Mutaqin
Muhammad Arifin
Penelitian ini bertujuan menggali lebih dalam tentang rekontruksi sistem pendidikan pesantren salafi dalam menghadapi tantangan global dan modernisasi, sistem pendidikan yang diterapkan oleh kiai dan pendidik di pesantren salafi harus dicipta untuk mampu mengikuti alur perubahan tersebut. tantangan dan peluang yang dibawa oleh globalisasi harus dihadapi oleh pesantren dengan bijak. Sehingga dapat memastikan bahwa lulusan pesantren dapat bersaing di Masyarakat global.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, yakni mengkaji berbagai literatur, baik berbentuk buku maupun artikel ilmiah, yang berkaitan dengan topik penelitian.
Adapun hal-hal yang perlu di rekonstruksi dari sistem pendidikan pesantren salafiyah untuk mengejar ketertinggalan dalam menghadapi tuntutan perubahan di tengah derasnya arus modernisasi dan globalisasi diantaranya adalah, 1) mengubah pola/paradigma kepemimpinan dari kharismatik ke rasionalistik dan dari otoriter-paternalistik ke diplomatikpastisipatif, 2) memperbaiki struktur kurikulum dengan orientasi yang lebih meluas, 3) mengubah paradigma keilmuan pesantren dari pendekatan verbalistis dan dogmatis kepada sikap kritis dan inovatif, 4)membuat program kegiatan usaha dan pendidikan keterampilan, 5)memfasilitasi akses media dan informasi seputar perkembangan zaman.
Anam, S. (2017). Karakteristik dan Sistem Pendidikan Islam : Mengenal Sejarah Pesantren, Surau dan Meunasah di Indonesia. JALIE, Vol. 01, No. 01.
Anonimus. (2023, Juni 23). Pengertian Pondok Pesantren, Jenis, Unsur, Tujuan dan Manfaatnya. Retrieved from DosenSosiologi.com: https://dosensosiologi.com/pengertian-pondok-pesantren/
Anwar, A. (2023). Kurikulum dan Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Salaf. Jurnal Ilmiah Global Education, Vol. 4, No. 2.
Asyar, A. H. (2022). Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern. RJPS, Vol. 2, No. 1.
Aziz, M. T. (2025). Manajemen strategi dalam Mempertahankan Eksistensi Pondok Pesantren Salaf Di Era Modern (Studi : di Pondok Pesantren Al-Fadllu Kaliwungu, Kendal). Multidisciplinary Indonesian Center Journal, Vol. 2, No. 1.
Dadan Darmawan, I. S. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data Sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol. 5, No. 1.
Darwis, N. Q. (2023). Peran Pondok Pesantren salaf di Era Society 5.0. Risalatuna : Journal of Pesantren Studies, Vol. 3, No. 2.
Gatot Krisdiyanto, M. E. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi, Vol. 15, No. 1.
Hanafi, M. S. (2018). Budaya Pesantren Salafi. Alqalam, Vol. 35. No. 1.
Hasan Ruzakki, S. K. (2024). Pesantren Mutakhir (Harmoni Model Pendidikan Pesantren Salaf dan Modern Sebagai Solusi Pendidikan Isam Ideal). Jalie, Vol. 8, No. 1.
Hidayah, N. (2019). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyah. Riayah, Vol. 4, No. 1.
Iryana, W. (2015). Tantangan Pesantren Salaf Di Era Modern. Al-Murabbi, Vol. 2 No. 1.
Ling. (2021). Problem dan Tantangan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Salaf dan Modern. Bestari, Vol. 8, No. 2.
Maftuh, A. W. (2023). Pendidikan Pesantren Tradisional dalam Perspektif Pendidikan Modern. Al Hikmah, Vol. 13. No. 1.
Maktumah, L. (2022). Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Salaf di Era Modernisasi. Edukais, Vol. 6, No. 2.
Nugroho, M. A. (2021). Manajemen Pondok Pesantren Salaf Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pendidikan Islam. Jurnal Penddikan, Sosial dan Agama, Vol. 3, No. 4.
Nur Khasanah, A. I. (2022). Pesantren Salafiyah dalam Lintasan Sejarah. Pekalongan: Nasya Expanding Manajemen.
Nurhadi Hizbullah, A. A. (2024). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah di era Globalisasi. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam.
Rabbani, A. (n.d.). Pengertian Sistem Pendidikan, Unsur, Komponen, dan Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from SOSIAL79: https://www.sosial79.com/2021/03/pengertian-sistem-pendidikan-unsur.html, (diakses pada 08 Mei 2025 pukul 19.10 WIB)
Rahman, A. (2019). Dinamika Tradisi Pendidikan Salaf Pesantren Lirboyo Kediri di Tengah Arus Modernisasi. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1.
Rohman, U. (2016). Implementasi Kepemimpinan KH. Adang Kamaludin dalam Meningkatkan Santri Berkualitas. Tadbir : Jurnal Manajemen Dakwah, Vol. 1, No. 3.
Sri Rezki, D. E. (2024). Rekonstruksi Pendidikan Islam : Analisis Pemikiran Muhammad Abduh dan KH. Ahmad Dahlan dalam Konteks Modernisasi. J-Ceki : Jurnal Cendekia Ilmiah, Vol. 4, No. 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohir, K. (2020). Model Pendidikan pesantren Salafi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Wakidatul, S. (2017). Sistem Pendidikan Pondok Pesanten Salafiyah Miftahul Mubtadi'in Krempyang Pada Era Modernisasi. Kediri: Theses, Universitas Islam Negeri Syekh Wasil.














