ISLAM BERKEMAJUAN DALAM JEJAK NABI DAN KIAI: ANALISIS PERBANDINGAN DAKWAH RASULULLAH SAW DAN KH. AHMAD DAHLAN
Isi Artikel Utama
Safiq Rosad
Aris Rahmadi
Muhammad Syukri
Penelitian ini mengkaji relevansi perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dan pendirian Muhammadiyah dengan dakwah Rasulullah Muhammad SAW, terutama dalam konteks pembaruan Islam, pembebasan umat, dan modernisasi sistem pendidikan. Muhammadiyah hadir sebagai gerakan Islam berkemajuan yang lahir melalui sistem organisasi, menandai pergeseran dari tradisi keagamaan berbasis otoritas individu menuju pendekatan yang sistematis dan rasional. KH. Ahmad Dahlan terinspirasi oleh pembaruan Islam global dan metode Rasulullah SAW dalam membangun komunitas dakwah, serta menolak taqlid, khurafat, dan sekularisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) untuk menganalisis jejak historis dan pemikiran yang menunjukkan keterkaitan erat antara model perjuangan Nabi Muhammad SAW dengan strategi gerakan Muhammadiyah. Temuan menunjukkan bahwa Muhammadiyah secara konsisten mempraktikkan nilai-nilai tauhid, ijtihad, muamalah dunyawiyah, dan pendidikan modern sebagai wujud penerapan Islam secara kafah, sejalan dengan teladan Rasulullah SAW dalam membangun peradaban Islam yang adil dan berkemajuan.
Abdullah, D. (2012). Pemikiran Syekh Muhammad Abduh Dalam Tafsir Al-Manar. Al-Daulah, 1(1), 33–42.
Agham, C. N. (2022). Muhammadiyah itu Ber-Ittiba’, Bukan Ber-Taqlid! Https://Ibtimes.Id/Muhammadiyah-Itu-Ber-Ittiba-Bukan-Ber-Taqlid/.
Ahdar. (2019). K. H. Ahmad Dahlan: Pemikiran Sosialnya. Al Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(1).
Ahmad Adaby Darban. (2000). Sejarah Kauman : menguak identitas kampung Muhammadiyah.
Arif, S. M. (2024). Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kehidupan Sosial. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jseb.v7i1.7380
Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. B. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Kehidupan Sosial. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 235. https://doi.org/https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894
Azman, Z., & Helandri, J. (2022). Pemikiran/Pembaharuan Islam KH. Ahmad Dahlan. El-Ghiroh, 20(02), 181–202. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v20i02.433
Chasanah, U. (2005). Perjuangan & Kehidupan Ayahku (Riwayat Hidup KRH. Hadjid). Suara Muhammadiyah.
Crisna Dewi, Y.B. Jurahman, & Subaryana. (2020). Perjuangan Aisyiyah Dalam Bidang Sosial Dan Pendidikan Di Yogyakarta Tahun 1917 - 1945. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 1(2).
Hazmi, M., Dhian Wahana Putra, S. Pd. I. M. Pd. I., Amri Gunasti, S. T. M. T., & Abdul Jalil, S. P. (2022). Ideologi Muhammadiyah. PT. Jamus Baladewa Nusantara.
Ilham. (2024). Takhayul dan Khurafat dalam Pandangan Muhammadiyah. Https://Muhammadiyah.or.Id/2023/08/Takhayul-Dan-Khurafat-Dalam-Pandangan-Muhammadiyah/.
itb-ad.ac.id. (2025). Siapa Berikan Nama Muhammadiyah dan Berikut Sejarah Singkatnya. Https://Www.Itb-Ad.Ac.Id/2022/10/24/Siapa-Berikan-Nama-Muhammadiyah-Dan-Berikut-Sejarah-Singkatnya/.
lppi.umy.ac.id. (2024). Muhammadiyah dan Semangat Hidup Berkemajuan (Materi OSDI 2014) . Https://Lppi.Umy.Ac.Id/Muhammadiyah-Dan-Semangat-Hidup-Berkemajuan-Materi-Osdi-2014/.
Malik, I. M. (2023). Peran Kiai Sebagai Tokoh Sentral Dalam Masyarakat Desa Tieng Kejajar Wonosobo. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(2).
muhammadiyah.or.id. (2024a). Perjuangan Ulama Besar K.H Ahmad Dahlan Mendirikan Muhammadiyah. Https://Muhammadiyah.or.Id. https://muhammadiyah.or.id/sejarah-muhammadiyah/
muhammadiyah.or.id. (2024b). Sejarah Singkat Muhammadiyah. Https://Muhammadiyah.or.Id/Sejarah-Singkat-Muhammadiyah/.
muhammadiyahponorogo.or.id. (2024). Sejarah Muhammadiyah. Https://Muhammadiyahponorogo.or.Id/Sejarah-Muhammadiyah/.
Musyafa, H. (2022). Kiai penggerak : novel biografi K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923).
Noor Chozin Agham. (2022). Ketika Muhammadiyah Meluruskan Definisi Fiqh Mu’amalah. Https://Ibtimes.Id/Ketika-Muhammadiyah-Meluruskan-Definisi-Fiqh-Muamalah/.
Rahmat, S., & Romelah. (2022). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Yang Berkarakter Dakwah Dan Tajdid. El-Ta’dib, 2(2).
Rahmatullah, A. (2024, September 11). Sekularisasi: Ancaman Bagi Pendidikan Islam Kita. Https://Www.Suaramuhammadiyah.Id/Read/Sekularisasi-Ancaman-Bagi-Pendidikan-Islam-Kita.
Rauf, A. (2024, October 28). Pemikiran KH Ahmad Dahlan: Relevansi dalam Menghadapi Tantangan Modern. https://retizen.republika.co.id/posts/484663/pemikiran-kh-ahmad-dahlan-relevansi-dalam-menghadapi-tantangan-modern.
Rusdan. (2022). Prinsip-Prinsip Dasar Fiqh Muamalah Dan Penerapannya Pada Kegiatan Perekonomian. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, XV(2).
Sutriani. (2011). Muhammad Sebagai Pemimpin Agama Dan Kepala Negara. Sulesana, 6(2).
Yusuf, M., Sodik, M., Darussalam, S., & Nganjuk, K. (2023). Penggunaan Teknologi Internet Of Things (Iot) Dalam Pengelolaan Fasilitas Dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 65–82. https://doi.org/https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i2.3233














