DISTRIBUSI FREKUENSI LITERASI DIGITAL REMAJA DI KALANGAN SISWA MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN PAMIJAHAN
Isi Artikel Utama
Welinda Mardiatama
Febri Palupi Muslikhah
Erna Ernawati
Diadji Kuntoro
Kemajuan teknologi internet telah memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi, menjadikan literasi digital sebagai keterampilan penting di era digital. Literasi digital melibatkan keterampilan teknis untuk mengakses media, pemahaman kritis untuk menganalisis konten, dan kemampuan komunikatif untuk berpartisipasi dan berkreasi melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran frekuensi literasi digital pada siswa SMP di Kecamatan Pamijahan. Data menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat literasi digital yang tinggi (40,1%), sedangkan sisanya berkisar antara sedang hingga sangat rendah. Meskipun siswa secara umum mampu menggunakan media sosial secara aktif, masih perlu ditingkatkan pemahamannya terhadap risiko seperti penyebaran berita bohong dan kejahatan dunia maya. Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki literasi digital yang baik membantu siswa untuk memilah informasi dengan lebih baik, tetapi peningkatan etika dan keamanan digital masih diperlukan untuk meminimalkan dampak negatif penggunaan media digital di kalangan remaja.




