DAKWAH KOMUNIKASI VISUAL DI ERA DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL
Isi Artikel Utama
Nayla Sarah
Dakwah komunikasi visual merupakan suatu aktivitas menyampaikan informasi atau pesan yang berisi seruan kepada mad’u untuk melakukan amar ma’ruf nahi mungkar yang sesuai dengan ajaran islam melalui komunikasi visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginterpretasi pesan dakwah, dan efektivitas komunikasi visual sebagai media dakwah di kalangan dewasa awal. Teknik pemgumpulan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Untuk data primer, wawancara dilakukan secara langsung oleh peneliti kepada para informan agar mendapatkan kejelasan terhadap apa yang ingin peneliti eksplorasi. Data sekunder didapatkan dengan mengakses artikel dan buku yang berhubungan dengan topik penelitian ini. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Data kemudian di analisis menurut Miles and Huberman. Kesimpulan, mad’u menyadari mengalami perubahan sikap, persepsi dan tidakan setelah melihat dakwah komunikasi visual. Dan kualitas, kejelasan makna serta bahasa yang digunakan sangat berpengaruh terhadap tercapainya pesan