Peneliitian ini bertujuan untuk membahas efektivitas informasi dakwah berbasis Whatsapp Group pada masyarakat Desa. Penelitian ini berangkat dari fenomena Ibu rumah tangga dalam mencari informasi dakwah menggunakan Whatsapp Group (WAG) yang terjadi di Desa Cibening 01 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Penelian ini menggunakan deskriptif-kualitatif melalui pendekatan studi lapangan (field research). Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa Ibu rumah tangga dalam mencari informasi dakwah berbasis Whatsapp Group (WAG) terbilang efektif dilakukan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa perilaku informasi ibu rumah tangga tentang informasi dakwah baik di situasi masa lalu maupun sekarang memilih berdasarkan kebutuhan ilmu yang didapatkan, kesenjangan kognitif pada ibu rumah tangga memilih yang paling mudah diakses, pada jembatan kognisi ibu rumah tangga sudah dapat menggunakan internet, mengikuti pengajian majlis taklim, dan mebaca buku untuk mencari informasi, dan untuk hasil informasi dakwah yang didapatkan ibu rumah tangga bisa mengaplikasikan dikehidupan sehari-hari dan mengamalkannya lagi kepada orang lain.
Kata Kunci:
Informasi, perilaku informasi, kebutuhan informasi, informasi dakwah
Information, information behavior, information needs, information propagation