PELAKSANAAN MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 TENJOLAYA
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Rinawati
Muzhir Ihsan
Hana Lestari
Nana Supriatna
Peserta didik sebagai fokus utama penyelenggaraan pendidikan haruslah mendapatkan pelayanan yang baik dan tepat dari penyedia layanan pendidikan (Lembaga Sekolah), sehingga output yang dihasilkan berkualitas dan dapat memenuhi harapan untuk mampu menyesuaikan diri dan mampu bersaing di era ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Tenjolaya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah salah satu guru BK di SMA Negeri 1 Tenjolaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Tenjolaya sudah berjalan dengan baik terlihat dari fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dijalankan dengan baik.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. In Jakarta: Depdiknas (pp. 1–38). https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Dewany, R., Firman, & Neviyarni. (2022). Penerapan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Siswa. Education & Learning, 2(2), 83–87. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.388
Hamidah. (2018). Manajemen Peseta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.37755/jsap.v6i2.35
Lestari, H. (2020). Peningkatan Pemahaman Nature of Science (NOS) Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Tingkat Efikasi Diri. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(1), 228–250.
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Stem Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based on Learning Independence With Stem Learning. Biodidaktika, 14(2), 18–23.
Lestari, H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020). Science Literacy Ability of Elementary Students Through Nature of Science-based Learning with the Utilization of the Ministry of Education and Culture ’ s " Learning House ". Journal of Research in Science Education, 6(2), 215–220. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.410
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, & Siskandar, R. (2021). Cultivating Green Behavior of Eco Literation-Based Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. Journal of Research in Science Education, 7(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.477 Introduction
Masbur, & Nuzliah. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Banda Aceh: SEARFIQH.
Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. In Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (pp. 1–7).
Munandar, H., Haddar, G. Al, B, A. W., Lestari, H., Agusalim, Agustina, M. T., Rasyidah, U. I., Pratiwi, I. I., Maharti, R. A. K. M., Rumtutuly, F., & Sartini, D. (2023). Manajemen Peserta Didik. Penerbit : Yayasan Kita Menulis.
Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Nurihsan, A. J. (2009). Strategi Layananan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Octavia, S. A. (2019). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmawati, I., Fajar Ghifariand, R., & Lestari, H. (2020). Enhancing the Effectiveness of Teacher Work and Teams. KnE Social Sciences, 2020, 484–492. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7907
Rahmawati, I., Lestari, H., & Nurhikmah, H. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kreatifitas Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cibungbulang. Education Management Reviews Anda Research, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.6
Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Fkip Universitas Jambi Bidang Studi Pendidikan Biologi Di Sma Pgri Jambi. Bioeduscience: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sain, 3(2), 90–99. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.29405/J.Bes/3290-993562
Saefullah. (2013). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Santoadi, F. (2010). Manajemen Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Yogyakarta: USD.
Saputro, A., Kuswandi, S., Purba, S., Ernawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. In Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. In Edisi Bahasa Indonesia, cet. 11 (p. 332). Jakarta: Bumi Aksara.
Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptual dan Operasional. In Pustaka Radja. Surabaya: Pustaka Radja.
Trimulyo, J., Ihsan, M., Rahmawati, I., Nugraha, A., & Supriatna, N. (2022). Buku Pedoman Praktik Latihan Profesi (PLP) Tahun Akademik 2022/2023 Institut Agama Islam Sahid Bogor. Bogor: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan INAIS.