PENGADAAN TAMAN BACA MASYARAKAT SEBAGAI SOLUSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DESA CIBENING
Isi Artikel Utama
Tidak tersedianya fasilitas untuk membaca dan banyaknya remaja yang putus sekolah menjadi permasalahan di Desa Cibening mengakibatkan minat baca masyarakat rendah. Tujuan dalam penelitian dan pelaksanaan pengadaan Taman Baca Masyarakat adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analis data yaitu triangulasi. Adapun pelaksanaan Pengadaan Taman Baca Masyarakat adalah dengan melakukan pembuatan perpustakaan desa atau Taman Baca Masyarakat melalui beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi dan tindak lanjut.
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al Quran Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Kajian Pustaka). El Muztama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(41), 1–20.
Dipayanti, K., Gracia, B. A., Hadi, A. N., Rahayu, R. S., & Salami, M. M. (2022). Rumah Baca Arrosa Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Minat Baca pada Masyarakat Terutama Anak-Anak di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat. Abdi Masyarakat Humanis, 3(2), 116–123.
Dirjen Dukcapil. (2021). Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021: Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit. 07 Agustus.
KBBI. (2021). Pengadaan.
Kominfo. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. 10 Oktober.
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2022). Integration of Sustainable Development Education into Thematic Learning in Elementary Schools. AIP Conference Proceedings, 2468(December). https://doi.org/10.1063/5.0102663
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Rahmawati, I. (2022). The Impact of the RADEC Learning Model Oriented ESD on Students ’ Sustainability Consciousness in Elementary School. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.11
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Integrated STEM through Project Based Learning and Guided Inquiry on Scientific Literacy Abilities in Terms of Self-Efficacy Levels. Al Ibtida, 7(1), 19–32.
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448
Munir, S., & Hidayatullah, A. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Meningkatkan Minat Dan Budaya Baca Di Kabupaten Ciamis. Literasi, 3(1), 23–29.
Perpustakaan Desa. (2020). Ayo Bangun Perpustakaan Desa.
Rahayu, R., & Widiastuti, N. (2018). Upaya Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus Tbm Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang). Jurnal Comm-Edu, 1(2), 57–65.
Sali, N., Avicenna, A., Susilowati, E., Ernawati, E. A., Panjaitan, M. M., Yustita, A., Susanti, S. saodah, Saputro, A. N., Muslimin, T., Saputro, D., & Lestari, H. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter.
Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca (1st ed.). Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sumiyanty, E., Suharyani, & Rizka, M. A. (2018). Hubungan Program Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) Terhadap Minat Membaca Warga Belajar. Jurnal Transformasi, 4(1).
Suwanto, S. A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. ANUVA, 1(1), 19–32.
Tarigan, H. G. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134
Wikipedia. (2022). Pengadaan. Wikipedia Ensiklopedia Bebas.
Winoto, Y., & Sukaesih. (2019). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa Dan Taman Bacaan Masyarakat. EDULIB, 9(1), 79–94. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.16170
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (ed.); Cet, 1). Erzatama Karya Abadi.