IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN ADMINISTRASI SEKOLAH BIDANG TATA USAHA DI SMA NEGERI 1 CIBUNGBULANG BOGOR
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Hana Lestari
Kikih Jakiah Darojah
Waslim Setiawan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan manajemen kearsipan dibidang tata usaha dalam upaya meningkatkan admnistrasi sekolah di SMA Negeri 1 Cibungbulang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu pertama melakukan analisis selama kegiatan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, tahap kedua yaitu analisis setelah kegiatan selesai yang memiliki tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; bahwa dengan adanya penerapan manajemen arsip yang baik dapat meringankan tugas atau pekerjaan bagian adminstrasi yang nantinya akan berdampak terhadap terwujudnya tujuan dari suatu instansi, dan memiliki pengaruh yang besar terhadap pekerjaan admnistrasi seperti memudahkan dalam pencarian dan penelusuran informasi atau data yang dibutuhkan sehingga menciptakan iklim pekerjaan yang efektif dan efesien.
Amiruddin. (2017). Kinerja Pegawai Tata Usaha dengan Mutu Layanan Administrasi di Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 126-145.
Arisanti A, dkk. (2020). Analisis Kualitas Kerja Pegawai Tata Usaha Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Professional, 57-63.
Aulia N, dkk. (2022). Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9-14.
Ayurindah S, dkk. (2022). Peran Tata Usaha Sekolah dalam Pengelolaan Arsip Sekolah. Manhaji : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 34-40.
Iskiyamudin A, dkk. (2014). Manajemen Pengelolaan Arsip Dinamis untuk Menunjang Tertib Administrasi di SMK Widya Praja Ungaran. Economic Education Analysis Journal, 483-489.
Khofifah, R., Rahmawati, I., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Indonesian Journal of Science, 1(1), 18–26.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Commitment to Teacher’s Work and Authentic Leadership in the Industrial Revolution Era 4.0. 400(Icream 2019), 76–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.143
Meirinawati, dkk. (2015). Manajemen Kearsipan untuk Mewujudkan Tata Kelola Admnistrasi Perkantoran yang Efektif dan Efisien. Pengembangan Ilmu dan Profesi Administrasi Perkantoran: Tantangan dan Peluang, 177-187.
Nurdin, F., Ihsan, M., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru Di SMA Swasta Se-Kecamatan Pamijahan Bogor. Indonesian Journal of Science, 1(2), 99–105. http://journal.pusatsains.com/index.php/jsi
Saefullah. (2013). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2022). Innovative Work Behavior Development Through Technopreneurship Leadership in Vocational Schools: An Mixed Method Explanatory Research. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 943–959. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202242
Said W R, dkk. (2022). Manajemen Layanan Ketatausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 23-31.
Saputro, A., Kuswandi, S., Purba, S., Ernawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. In Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Suciani T, dkk. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 76-81.
Umami N, dkk. (2022). Pengelolaan Arsip pada Bidang Tata Usaha Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Sukabumi. Prosiding Semnastera, 178-189.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.