PENGEMBANGAN EKONOMI DESA MELALUI INOVASI G’CHIPS BERBASIS POTENSI LOKAL DAN PEMASARAN DIGITAL MENUJU MASYARAKAT PRODUKTIF
Isi Artikel Utama
Wahid Holik Hamzah Tkella
Muhammad Jamaludin
Nurelisah
Deoh Sundari
Della Rizki Ananda
Siska Permata Sari
Dina Diana Nurhayati
Fika Wahdiyana
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan keanekaragaman usaha dan terpenuhinya sarana dan fasilitas untuk mendukung peningkatan ekonomi desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan Des Cijujung RW 02 RT 01 dengan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi dengan pemerintah desa cijujung dan masyarakat petani setempat. Hasil dari penelitian ini mahasiswa menetapkan dan menjadikan tanaman daun ganda atau kucai sebagai ide inovasi untuk diuji coba dan dijadikan sebagai keripik daun ganda/kucai atau yang disebut G’Chips. Capaian yang diperoleh selain meningkatkan ekonomi masyarakat desa cijujung, juga meningkatkan ide serta produktivitas masyarakat setempat yang dapat dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan bagi masyarakat desa cijujung
Ely Triyo, Haryono, Irwantoro, 2020. Strategi Inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Meningkatkan Potensi dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa (Studi pada BUMDes Mandiri, Desa Morobakung, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik). CAKRAWALA: Jurnal Litbang Kebijakan. Vol. 14, No. 2, DOI: 10.32781/cakrawala.v14i2.353
Fitra Ayuningtyas Hidayatullah, Tri Suminar, 2021. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Candi Plaosan Melalui Program Desa Wisata Untuk Kemandirian Ekonomi di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Vol. 1, No. 1. Lifelong Education Jurnal.
Rizki Febri Eka Pradani, 2020. Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berbasis Potensi Lokal Sebagai Penggerak Ekonomi Desa. JESK: Jurnal Ekonomi dan Studi Kebijakan Vol. 01 No.01.
Sukidjo, 1995. Upaya Pengembangan Ekonomi Pedesaan. Cakarawala Pendidikan No. 2
Risa Ratna Gumilang, 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 10 No. 1.