Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui hasil belajar perkalian mata pelajaran matematika peserta didik sebelum menggunakan media sempoa, b) Mengetahui hasil belajar perkalian mata pelajaran matematika peserta didik setelah menggunakan media sempoa, c) Mengetahui perbedaan penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar perkalian mata pelajaran matematika sebelum dan setelah penggunaan media sempoa peserta didik kelas IV SD Inpres 130 Tarowang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelian One Grup pretest-Postest. Pengumpulan data dalam penelitian menggunaan tes hasil belajar dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analsis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar perkalian mata pelajaran matematika melalui penggunaan media sempoa pada peserta didik kelas IV SD Inpres 130 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Selain itu pembelajaran matematika dengan. Penggunaan media sempoa dapat menuntun dan mengarahkan peserta didik berpikir induktif menuju berpikir deduktif.
Kata Kunci:
Abacus Media, Learning Outcomes
Media Sempoa, Hasil belajar