PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU POSITIF DAN KARTU NEGATIF PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 232 INPRES MARUSU KAB. MAROS
Isi Artikel Utama
Masna
Nursalam
Suarti
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan media pembelajaran kartu positif dan kartu negatif pada materi operasi hitung bilangan bulat di SDN 232 Inpres Marusu Kab. Maros, (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan media pembelajaran kartu positif dan kartu negatif pada materi operasi hitung bilangan bulat di SDN 232 Inpres Marusu Kab. Maros, dan (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan media kartu positif dan kartu negatif pada submateri operasi hitung bilangan bulat di SDN 232 Inpres Marusu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain “One Grup Pretest-Posttest”. Jumlah populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VI SDN 232 Inpres Marusu yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media kartu positif negatif sebesar 72,15 berada pada kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar setelah diajar menggunakan media kartu positif negatif sebesar 92,44 berada pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diajar menggunakan media kartu positif negatif, jika dilihat dari rata-rata hasil belajar Post-test lebih besar dari nilai Pre-test. Jadi penerapan media kartu positif negatif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik kelas VI SDN 232 Inpres Marusu Kabupaten Maros. Implikasi penelitian ialah guru yang mengajar mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pegurangan bilangan bulat diharapkan agar dapat menggunakan media pembelajaran kartu positif negatif sebagai salah satu alternatif cara dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.