Riset berikut bertujuan menganalisis problematika dalam implementasi pembelajaran tematik pada PJJ (pembelajaran jarak jauh) dan memberikan solusi alternatif dalam pembelajaran tematik selama PJJ di SDIT Insantama Leuwiliang, Bogor. Guna mewujudkan tujuan itu, riset berikut dibuat melalui penggunaan jenis riset kualitatif deskriptif, dengan tempat riset di SDIT Insantama Leuwiliang. Informan penelitiannya yakni kepala sekolah, pengajar, serta pelajar. Menggunakan jenis data penelitian rekaman audio, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik penghimpunan data melalui cara pengamatan, interview, serta dokumentasi. Uji keabsahan data memakai teknik triangulasi sumber data. Analisis data memakai tahapan penghimpunan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil riset berikut memaparkan bahwasanya problematika implementasi pembelajaran tematik dalam PJJ di SDIT Insantama Leuwiliang ada sejumlah hambatan yang dialami, yakni terdapat sejumlah anak yang tidak dibekali handphone, tidak didampingi orang tua, tidak ada sinyal di rumah siswa, anak-anak tidak membaca semua materi serta mengerjakan soal dengan asal-asalan, anak-anak merasa pusing dan tidak memahami materi pembelajaran. Adapun solusi alternatif untuk menghadapi problematika tersebut yaitu dengan cara bersinergi dengan orang tua dan berkunjung ke rumah siswa.
Kata Kunci:
Thematic Learning, Distance Learning, Elementari School
Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Dasar