Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter gotong royong peserta didik SDN Warung Saptu melalui strategi pembelajaran kooperatif yang diduga dapat meningkatkan karakter gotong royong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tahap-tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview, kuesioner, dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan karakter gotong royong. Hal itu terlihat dari meningkatnya hasil kuesioner setiap siklus. Peningkatan dari setiap siklus tersebut yaitu siklus 1 nilai rata-rata peserta didik mencapai 79% dengan kategori cukup meningkat pada siklus 2 menjadi 82% dengan kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus 3 menjadi 92% dengan kategori sangat tinggi.