KEBIJAKAN PENGELOLAAN GURU SEKOLAH DASAR: PERMASALAHAN DAN SOLUSI
Isi Artikel Utama
Hafizin Hafizin
Aenullael Mukarromah
Wiranda Bayu Aditama
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan dan strategi yang dapat meningkatkan distribusi dan kualitas guru di Indonesia. Pendekatan studi pustaka digunakan untuk mengeksplorasi literatur yang relevan dengan topik ini, dengan fokus pada kebijakan pengelolaan guru, model partisipatif dalam pengelolaan guru, pembelajaran kelas rangkap (PKR), dan program pelatihan dalam pemerataan guru. Analisis literatur mengungkapkan bahwa kebijakan pengelolaan guru perlu memperhatikan aspek rekrutmen, penempatan, kesejahteraan, dan integrasi teknologi. Model partisipatif dan PKR merupakan solusi yang efektif untuk mengoptimalkan sumber daya manusia yang terbatas di daerah-daerah yang kekurangan guru. Program in-service training juga penting untuk meningkatkan kompetensi guru. Dengan demikian, implementasi kebijakan yang holistik dan strategis diperlukan untuk meningkatkan distribusi dan kualitas guru di Indonesia, terutama di daerah terpencil, guna meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Adam, A. (2022). Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) Di Sekolah Dasar. CV. AA. RIZKY.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Arwildayanto, Arifin Suking, W. T. S. (2008). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif (Edisi Pert). CV Cendikia Press.
Arwildayanto, A. S., & Sumar, W. T. (2018). Analisis kebijakan pendidikan kajian teoretis, eksploratif, dan aplikatif. Education Policy Analysis: Theoretical, Exploratory, and Application]. Bandung, Indonesia: Cendekia Press.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Dewi, A. A. (2018). Guru mata tombak pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis KebijakaN Pulblik.
Kasim, M., & Tamrin, M. (2023). Evaluasi Kebijakan Pendidikan. TA’LIM, 2(2), 13–27.
Marliani, R. (2023). Perencanaan personal dan sistem SDM ( Guru ) di sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 225–232.
Rozihin, & Sulani. (2017). Managemen Guru Pada Otonomi Daerah (Desentralisasi). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(2), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Rusdiana, A. (2014). Kebijakan Pendidikan Nasional. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 21–316.
Sutapa, M. (2005). Analisi Kebijakan Pendidikan (Suatu Pengantar). 1–61.
Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Di Daerah Terpencil. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2507(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Utami, R. D., Minsih, M., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Lestari, R. Y. A., Handayani, D., Tristiana, V., Yoviyanti, R., Afif, K., & Shohenuddin, S. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22889
Yani, A. (2010). Kebijakan Distribusi Guru Melalui. Manajerial, 9(17), 47–54.