MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS PADA SISWA KELAS IV MI
Isi Artikel Utama
Aenullael Mukarromah
Wiranda Bayu Aditama
Hafizin
Sutrisno Fibrianto
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatakan prestasi belajar pada pembelajran Aqidah Akhlak melalui keterampilan mengelola kelas pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidiyah. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Observasi meliputi aktivitas mengajr guru dalam mengelola kelas dan tindakan siswa selama pelaksanaan di setiap siklus. Tes yang diguakan adalah tes soal pilihan ganda untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada unjuk kerja setiap siklusnya. Wawancara dilakukan kepada guru dan siswa. Data dalam penelitian ini meliputi dua jenis yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan keterampilan mengelola kelas dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini ditunjukkan dari pra siklus nilai peserta didik di bawah 70 dengan nilai rata-rata kelas 62,4 atau hanya 10 orang siswa yang tuntas. dan ketuntasan klasikalnya 40% dari 25 orang. Pada siklus I, diperoleh aktivitas guru tergolong cukup aktif, yaitu dengan rata-rata skor aktivitas siswa 10,4 dengan kategori cukup aktif. Dari data hasil evaluasi siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 72% siswa atau 18 orang siswa yang tuntas, Sedangkan pada siklus II, aktivitas guru tergolong sangat aktif, yaitu dengan jumlah rata-rata skor aktivitas siswa 22,2 dengan kategori sangat aktif, dan dari hasil evaluasi siklus II diperoleh ketuntasan klasikalnya 92% siswa atau 23 orang siswa yang tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak meningkat 52 % dari pra siklus sampai siklus II.
Ardi, W. N. (2013) Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yaang Kondusif, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
Arikunto, Suharsimi (2007) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2012) Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha penerbit.
Djuita, Warni. (2012) Evaluasi Pembelajaran, Mataram: Ilham Press Lombok.
Jasmani, dkk. (2013) Supervisi Pendidikan, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kasina Ahmad. Penelitian Tinndakan kelas, Jurnal pendidikan Penabur, No-12/Tahun ke-8 Badan Pendidikan Penabur, 2009.
Mauludin, E., & Sabri, T. (2013). Korelasi Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3).) https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1171
Nurlaila, S. (2011). Penerapan Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Aktivtas Siswa. Skripsi, IAIN Mataram.Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Pedidikan, Bandung: Alfabeta.
Rizal, M. (2015). Hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Wanareja. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.
Syah, Muhibbin. (2013), Psikologi Belajar Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2013) Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Sanjaya, Wina (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. (2009), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
Utama, G. F. (2016). Kemampuan Guru Mengelola Kelas 4 dan 5 SD Negeri Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5(16), 1-536. Indri Lestari hubungan keterampilan mengelola kelas dan mengadakan variasi dengan minat belajar siswa kelas v sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-5 2016.