Dampak Persaingan Dagang Terhadap Omzet Penjualan Bumbu Dapur Di Pasar Bukit Pamulang
Isi Artikel Utama
Mahesya Az-zahra Andryannisa
Hartin Kurniawati
Aradelia Pinkkan Wahyudi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persaingan usaha dan dampak persaingan tersebut terhadap pendapatan para pedagang khususnya pedagang bumbu dapur. Penelitian ini dilakukan di Pasar Bukit Pamulang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Peneliti menggunakan sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya melakukan analisis hasil temuan menggunakan teori yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang diteliti. Hasil Penelitian ini menunjukan bawa persaingan dagang memiliki dampak besar terhadap pendapatan pedagang bumbu dapur. Selain itu, Pendapatan juga berpengaruh dengan banyaknya jumlah pesaing, semakin banyaknya pesaing baru semakin berdampak pada pesaing lainnya. Pada warung Mba Emi penurunan omzet selama 5 tahun terakhir adalah sebanyak 48%. Pada warung Uni Diyah sebanyak 47%. Dan pada warung Opung adalah sebanyak 48%.
Kata kunci : Dampak Persaingan Dagang, Omzet Penjualan, Bumbu Dapur
Asmaji Darmawi, Maskur, ‘HASIL-HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN Homepage : A Program Studi Magister Manajemen , Pascasarjana , Universitas Islam Kalimantan MAB’, 2021, 55–57
Dwi Aprianti, ‘ANALISIS DAMPAK PERSAINGAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PADA USAHA PERABOTAN RUMAH TANGGA DI PASAR GERUNG LOMBOK BARAT’, 3.2 (2021), 6
Kamaludin, Amal, Dadang Husen Sobana, Deni Kamaludin Yusup, and Mila Badriyah, ‘Pengaruh Daya Saing Pasar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Produk Kuliner Di Bandung, Jawa Barat’, Jurnal Uinsgd, 2020, 1–13 <http://digilib.uinsgd.ac.id/31282/>
Nurfitria, Nissa, and Dra Retno Hidayati, ‘Analisis Perbedaan Omzet Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan Dan Waktu (Studi Pada Catering Sonokembang Semarang)’, E-Journal Undip, 2011, 1–28 <http://eprints.undip.ac.id/29369/1/Skripsi008.pdf>
Rahardi, Mohamad Tedy, ‘Persaingan Usaha Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Konvensional Dan Ekonomi Syariah’, Perada, 1.1 (2018), 87–88 <https://doi.org/10.35961/perada.v1i1.10>
Wahyono, Budi, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Bantul Kabupaten Bantul’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6.4 (2017), 388–99