Suryani, Hasanah, T. ., & Lestari, H. (2024). MANAJEMEN KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK AL HUSNA BOGOR. JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.56406/emrr.v3i1.531
MANAJEMEN KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK AL HUSNA BOGOR
Rincian Artikel
MANAJEMEN KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK AL HUSNA BOGOR
Isi Artikel Utama
Suryani
Tita Hasanah
Hana Lestari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak yang terakreditasi A. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di TK Al Husna Kabupaten Bogor pada tahun ajaran 2023/2024. Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan proses reduksi data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas di Taman Kanak-kanak Al Husna di antaranya adalah perencanaan berupa penetapan kurikulum dan pembelajaran, pengorganisasian pendidik serta sarana dan prasarana, pelaksanaan sesuai perencanaan dengan pengawasan oleh kepala sekolah serta supervisi oleh penilik. Selain itu, diperoleh temuan berupa faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan manajemen kelas.