Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas implementasi program outbound terhadap pengembangan karakter kepemimpinan siswa di Sekolah Alam Algiva. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian diperkuat melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, dengan kepala sekolah dan guru outbound sebagai informan utama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan angket kuesioner karakter kepemimpinan dan angket outbound. Berdasarkan hasil perhitungan uji reliabilitas dan uji validitas menunjukan karakter kepemimpinan dengan hasil 0,82 dengan 10 butir soal yang valid. Angket outbound menunjukan 1.00 dengan 12 butir soal yang valid. Hasil kriteria koefisien reliabilitas menunjukan 0,80 ≤ r < 1,00 dengan nilai interpretasi sangat tinggi. Dalam persentase menunjukan hasil angket karakter kepemimpinan sebesar 70% dan hasil angket outbound sebesar 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program outbound di Sekolah Alam Algiva berdampak positif terhadap karakter kepemimpinan siswa, seperti sikap bertanggung jawab, dapat dipercaya, tegas, cerdas, inisiatif, jujur, konsisten, lugas, dan adil. Penilaian yang dilakukan oleh guru outbound dengan cara sebelum kegiatan, saat kegiatan berlangsung dan akhir kegiatan guru outbound dengan memberikan refleksi pada setiap siswa.