Ma’ruf, S., Nugraha, A., & Trimulyo, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU-GURU DI SDIT AS SA’IDAH. JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, 2(02), 59–64. https://doi.org/10.56406/emrr.v2i02.511
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU-GURU DI SDIT AS SA’IDAH
Rincian Artikel
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU-GURU DI SDIT AS SA’IDAH
Isi Artikel Utama
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT As Sa’idah. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi nyata mengenai proses belajar mengajar terkait pengimplementasian kurikulum yang telah diluncur. Metode penelitian yang digunakan adalah jenispenelitian studi literatur. Pengambilan data pada penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kemudian menghubungkan sumber bacaan terhadap masalah di tempat penelitian. Peran kurikulum yang diterapkan sangat berdampak kepada tercapainya penyelenggaraan pendidikan disuatu sekolah/ madrasah. Karena keberadaankurikulum yang terapkan sangat berperan penting. Proses pendidikan tidak akan berjalan dengan efektif tanpa didasari dengan sebuah perencanaan yang matang, baik mengenai kesiapan guru maupun kesiapan perangkat pembelajarannya. Dalam pelaksanaan proses pendidikan sangat dibantu oleh adanya pelatihan-pelatihan. Kondisi pembelajaran di SDIT As Sa’idah telah terorganisasi dengan baik terbuktidengan adanya pelatihan-pelatihan sehinggi guru-guru mampu menciptakan budaya sekolah sendiri dari hasil implementasi kurikulum merdeka.