Siti Lutfiatul Hasanah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program Tahfidz di SDIT Assa’idah dengan menggunakan model CIPP. Tempat penelitian di SDIT Assa’idah Cibuntu Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan model CIPP (Context, input, process dan product). Alasan penulis menggunakan model CIPP dalam evaluasi program ini karena hal ini berkaitan dalam pengambilan keputusan “Decission” yang ada kaitannya dengan perencanaan dalam suatu program yang dilakukan. Adapun pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan cara observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini ialah proses program tahfiz di SDIT Assa’idah ini tampak jelas mengalami peningkatan disetiap kompomen- komponen mulai dari context, input, process, dan product sehingga keberhasilan program tahfizd ini dapat terlihat. Dimulai dari sumber daya manusia nya yang mendukung, dan segala fasilitas tidak terlalu memberatkan serta tidak ada dana khusus dalam program tahfidz ini. Kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua kurang efektif karena tidak semua orang tua dapat memonitoring perkembangan dan hafalan anak.
Hak Cipta (c) 2025 Siti Lutfiatul Hasanah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.