PENDIDIKAN KADER DAI BERBASIS MASJID: IMPLEMENTASI PADA SEKOLAH DAI AZURA (SADAR) MASJID ASURA DESA KEMANG KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Samsuddin
Agusman
Pendidikan kader dai berbasis Masjid merupakan langkah strategis untuk melahirkan dai yang tangguh dalam aspek intelektual, fisik, spiritual, dan finansial. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mengevaluasi implementasi program Pendidikan Kader Dai berbasis Masjid di Sekolah Dai Azura (SADAR), Masjid Azura, Kabupaten Bogor, dalam membentuk dai yang kompeten secara ilmiah dan efektif dalam berdakwah. Fokus penelitian meliputi pembekalan ilmu syar’i, peningkatan kualitas dakwah, serta penguatan ukhuwah dan jaringan antar dai. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Meskipun belum menghasilkan lulusan, terdapat perkembangan signifikan dalam penguasaan ilmu syar’i dan kemampuan berdakwah peserta. Interaksi di lingkungan masjid juga memperkuat ukhuwah di antara mereka. Tantangan terbesar adalah keberlanjutan program hingga lulusannya tercapai serta dukungan lebih luas. Secara keseluruhan, Sekolah Dai Azura menunjukkan potensi besar dalam membentuk dai yang kokoh dalam ilmu, dakwah, dan ukhuwah serta penguatan jaringan antar dai.
Agus, A. (2023). Islamic Economic Strategy Faces Global Recession In The Perspective Of Dakwah: Strategi Ekonomi Islam Menghadapi Ressesi Global Dalam Persepektif Dakwah. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 6(2), 53-66.
Agus, A. (2023). The Role Of Da'wah In Overcoming Social Problems: Peran Dakwah Dalam Mengatasi Masalah Sosial. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 6(1), 101-111.
Agusman, A., & Hanif, M. (2021). Concept And Development Of Da'wah Methods In The Era Of Globalization: Konsep Dan Pengembangan Metode Dakwah Di Era Globalisasi. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 4(2), 49-64.
Agusman, A., & Samsuddin, S. (2024). Strategi Dakwah Nabi Musa: The Da'wah Strategy of Prophet Musa. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 115-131.
Al-Utsaimin, M. b. (1434 H). Zad al-Da'iyah Ila Allah. Qasim, Unaizah, Saudi Arabia: Muassasah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaiimin.
Hamka, M., Agusman, A., & Nur, M. A. (2024). Building Civilization in the Era of Globalization Based on Knowledge Through Education and Dakwah. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 3(1), 36-48.
Hanif, M. (2022). Method (Manhaj) Of Proselytizing Of The Prophet In The Phase Of Makkah And Medina. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 5(2), 1-18.
Hanif, M. (2023). Innovative Strategies In Contemporary Da'wah: Initiating A Technology-Based Approach: Innovative Strategies In Contemporary Da'wah: Initiating A Technology-Based Approach. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 6(2), 59-71.
Hanif, M., & Agusman, A. (2022). Readiness Of Dakwah Institutions Facing The Millennial Era. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 325-337.
Hanif, M., Hamid, A., Agusman, A., & Nurhaidah, S. (2023). Integrated Dakwah Model: How Mosques, Pesantrens, and Campuses become Islamic Preaching Centers in Bogor. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(01), 85-102.
Heriyansyah et al. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Lingkungan, Perilaku Hidup Sehat Dan Ketahanan Pangan Di Era New Normal, Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor . Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 107-224.
Ismail, A. I. (2018). The True Dakwa: Menggagas Paradigma Baru Dakwah di Era Milenial. Jakarta: Kencana (Prenada Media Group).
M.Priyatna et al. (2023). Penguatan Peran Serta Keluarga dan Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Islam dalam Keluarga di Desa Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 31-42.
Majid, Z. A., Hamid, A., & Hanif, M. (2023). Problematika dakwah dan pendidikan pada masyarakat pedalaman Tau Taa Wana Morowali Utara. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 245-272.
Shamsul, M. N., Kato, I., & La Hanufi, S. (2021). Efektivitas Metode Talaqqi Pada Halaqah Tarbiyah Di Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara Dan Analisis Metode Talaqqi Dalam Kitab ‘Uddatu At Talabi Binajmi Manhaj At Talaqqi Wa Al Adab. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 99-106.
Muyadi,S. et al. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Natsir, M. (2018). Fiqhud Da'wah. Jakarta: Yayasan Media Dakwah.
Norman K. Denzin dan Yvonnas S. Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sahir, S. H. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Samsuddin, S., Iskandar, I., & Nurshamsul, M. (2020). Pendidikan kader da'i ormas Wahdah Islamiyah melalui halaqah tarbiyah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 283-300.
Samsuddin, S., & Bakry, K. (2023). Metode Pendidikan Akhlak Perspektif Hadis: Telaah Kitab Adab Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī. Jawami'ul Kalim: Jurnal Kajian Hadis, 1(1), 38-57.
Samsuddin. (2024). Sistem Kaderisasi Dai. Sleman , Yogyakarta, Indonesia: Zahir Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta