SEMINAR CERDAS DIGITAL: (MENAVIGASI INFORMASI DAN MENCEGAH MISLEADING CONTENT, ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) DAN KESENJANGAN SOSIAL) PERAN MAHASISWA KKN IAI SAHID BOGOR KELOMPOK 10 DALAM MENYAMPAIKAN PENTINGNYA MELEK BERDIGITAL BAGI PARA PELAJAR DI MA DAN
Isi Artikel Utama
Aprilia
Miranda Shabila
Indri Widiyanti
Novi Yanti
Muhammad Kholilullah
Muhamad Ednis Juliansyah
Muhammad Sopian Sauri
Intan Rahma Amalia
Di era digital yang semakin pesat, literasi digital menjadi kemampuan penting untuk menghadapi arus informasi yang tidak terkendali, termasuk penyebaran berita palsu dan konten menyesatkan. Mahasiswa KKN INAIS Bogor Kelompok Desa Dukuh mengadakan seminar “Cerdas Berdigital” di MA dan MTs Darul Ihsan, Cibungbulang, Bogor, sebagai upaya untuk meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar. Tujuan dari seminar ini adalah membekali siswa dengan keterampilan dalam menavigasi informasi digital, mengenali ciri-ciri konten menyesatkan, serta memahami manfaat dan risiko kecerdasan buatan (AI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta seminar interaktif yang dilengkapi dengan pelatihan langsung berbasis problem-based learning. Data dikumpulkan melalui survei sebelum dan sesudah seminar untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk mengenali konten menyesatkan, memverifikasi informasi, dan memanfaatkan AI secara bijak. Sebelum seminar, hanya 20% siswa yang mampu mengenali berita palsu, dan setelah seminar angka tersebut meningkat menjadi 75%. Penggunaan alat verifikasi fakta juga mengalami peningkatan dari 10% menjadi 70% setelah pelatihan. Seminar ini berhasil meningkatkan literasi digital siswa dan kesadaran akan pentingnya berpikir kritis serta penggunaan teknologi yang bertanggung jawab di dunia digital.
Arisanti, Y. (2023). Tantangan Etika di Bidang Perhotelan pada Era Artificial Intelligence. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(4), 1247–1256.
Awa, A., Judijanto, L., Ohyver, D. A., Zahara, A. E., & Setiawati, T. (2024). Digital Marketing Strategy: Membangun Bisnis Online melalui Strategi Pemasaran Digital yang Efektif. PT. Green Pustaka Indonesia.
Hakim, L., Santoso, H., Yusuf, M., & Afiyati, A. (2024). Sosialisasi Peran Teknologi Artificial Inteligence untuk Klasifikasi Status Sosial Masyarakat DKI Jakarta. Jurnal Abdidas, 5(3), 97–102.
Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221–226.
Harahap, H. R., Siregar, T. S., Sinaga, S. Z. A., Siregar, N. F., Sahara, E., & Mahyuti, M. A. (2024). Dampak Artificial Intelligence terhadap Perubahan Perilaku Komunikasi bagi Manusia. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(3), 1729–1735.
Hoang, N. H., & Van Huan, T. (2023). Social development management in the Southeast region (Vietnam) in digital transformation Manajemen pembangunan sosial di wilayah Tenggara (Vietnam) dalam transformasi digital. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 36(2), 201–216.
Latuheru, M. S., Manuputty, F., & Angkotasan, S. (2024). Interactions Between Generations in Digital Literacy Education: A Case of Millennial Families in Suli, Central Maluku. Baileo: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 141–154.
Masrichah, S. (2023). Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 83–101.
Nurrahman, M. V. A., & Najicha, F. U. (2024). Dampak Kehadiran Artificial Intelligence Terhadap Penegakan Nilai-Nilai Pancasila Di Indonesia. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(1).
Nursyahida, H. M., Ramadhanti, T., Aulia, N. H. I., & Puteri, S. N. (2024). THE USE OF AI AND ITS EFFECTIVENESS IN ELT: A SYSTEMATIC REVIEW. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 4(2), 10–18.
Putra, R. F., & Nugroho, A. A. (2024). The Role of The Ministry of Communications and Information In Preventing The Spread of Hoaxes During The 2024 Election. Journal of Law, Politic and Humanities, 4(4), 1018–1028.
Salsabila, T. A., & Wibawa, A. (2022). Peran dan Pemanfaatan Media Sosial di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(9), 416–421.
Swastiwi, A. W. (2024). Globalisasi dan Media: Konvergensi Budaya dan Komunikasi. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Wibowo, T. O. (2024). The Social Construction of Technology for the Use of CHATGPT in Indonesia. ETTISAL: Journal of Communication, 9(1).
Yusuf, M. A., & SH, M. H. (2022). Artificial Intelligence dan Automasi.
Zuhri, S., & Arif, R. (2024). Digital Literacy As A Media Guide Amid Digital Disruption (Study of The Importance of Digital Literacy in The Era of Globalization). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(01), 232–246.