IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) OLEH MAHASISWA KKN INAIS GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DESA BANYUWANGI KECAMATAN CIGUDEG KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Hana Lestari
Ima Rahmawati
Muhamad Jamil
Pirda Amaliyah
Siti Lutfiatul Hasanah
Penyuluhan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi profil pelajar Pancasila di lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN INAIS bekerja sama dengan seluruh guru di Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Dr. Hana Lestari, M.Pd, seorang pakar di bidang pendidikan. Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para guru mengenai konsep P5 dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam kurikulum sekolah. Hasil dari penyuluhan ini menunjukkan bahwa guru-guru memiliki pemahaman yang lebih baik tentang P5 dan siap untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran.
Hastiani, H., Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dalam mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 31–35. https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592
Khosiyatika, & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. 75–82.
Lestari, H., Rahmawti, I., Yudianti, I. G. A., Rifatunisa, A., & Mardiatama, W. (2023). Implementasi Model Pembelajaran RADEC Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibdidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan, 01(01).
Napitu, U., Corry, Haloho, B., Napitu, R., & Nasution, T. A. (2023). Sosialisasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Peserta Didik SMIP Yayasan Universitas Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(2), 110–124. https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i2.844
Putra, R. P., Sukainah, A., Fadilah, R., Mustarin, A., & Hambali, A. (2023). PKM Sosialisasi Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar. LP2M-Universitas Negeri Makassars, 6(November), 615–619.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Wahyuni, N., Canta, D. S., Hermawansyah, A., Setyaningsih, E., & Hasrullah, H. (2023). Sosialisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Generasi Z di Era Digital. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 76–80. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v2i4.926