STORYTELLING DENGAN MEDIA BONEKA JARI: SUATU KEGIATAN SERVICE LEARNING DI MIS TUNAS ISLAM KABUPATEN BOGOR
Isi Artikel Utama
Tita Hasanah
Aninda Nishfi Humairoh
Delia Iswandi
Mutiara Puspita
Sagita Fitriyani
Siti Patimah Maesaroh
Siti Qurrota A’yuni
Siti Zulfah Hasanah
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan ini bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu media hasil karya mahasiswa dari mata kuliah Seni Budaya Keterampilan yaitu boneka jari melalui kegiatan storytelling. Metode yang digunakan ialah service learning. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di MIS Tunas Islam Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Sasaran kegiatan pengabdian ini ialah peserta didik kelas satu. Tahapan kegiatan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara umum, kegiatan PKM ini berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan beberapa rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya.
Afandi, A. et al. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Agustin, N., Yuliana, I., & Amelia Andayani, R. (2022). Penerapan Role Playing Berbantu Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Perkembangan Sosial Peralihan Anak Dari Tk Ke Sd. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 104–116. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.308
Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8444
BPS. (2024). Kabupaten bogor.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Pearson Education, Inc., publishing as Allyn & Bacon.
Huang, R., Spector, J. M., Yang, J. (2019). Educational Technology: A Primer for 21st Century. In Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/10.59668/226.3988
Khairunnisa, R. (2020). Implementasi Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Mengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa Sdn 027 Samarinda Ulu. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–143. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1945
Noviyanawati, B. L., & Gede Agung, A. A. (2022). Pengembangan Media Boneka Jari Tangan Berpendekatan SAVI pada Muatan Bahasa Indonesia untuk Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.45667
Puspasari, D., Negeri, S. D., & Wetan, G. (2021). Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021 SHEs: Conference Series 4 (6) (2021) 908-914 The Application Finger Puppets Media to Increasing The Skill of Listening Fairytale. 4(6), 908–914. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Widad, G. A. B., & Damayanti, M. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 09(10), 3476–3485.
Yasin, R. S., Bakhtiar, A. M., & Fauziyah, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Membaca Dongeng Berbantu Boneka Jari di Sekolah Dasar. 28(2), 64–70. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4410