PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MIS DARUL IHYA
Isi Artikel Utama
Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran. Audio visual adalah salah satu media yang digunakan, tetapi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana media audio visual mempengaruhi minat belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa di MIS Darul Ihya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dengan teknik pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, dan observasi berbantuan Mrs. Excel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIS Darul Ihya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat senang, antusias dan sangat tertarik untuk menggunakan media pembelajaran audio visual selama proses belajar mengajar. Dengan adanya ketertarikan dan minat siswa yang sangat tinggi, maka hasil belajar siswa akan dapat dipengaruhi.
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran.
Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti, Ed.; Edisi ketiga).
Manik, L. A., Lubis, R. C., & Bancin, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidikalang (Vol. 2, Nomor 2). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di Sekolah Dasar. Dalam All rights reserved (Vol. 5, Nomor 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Rahmi, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.