URGENSI KOMUNIKASI INTERPERONAL KBIHU KEPADA CALON JEMAAH HAJI BOGOR (Studi pada Kuliah Kerja Lapang)
Isi Artikel Utama
Ali Kusumadinata
Alma Fardatun Nafisha
Astrid Sri Wahyuni Sumah
Erna Ernawati
Testa Pradia Nirwana
Desi Hasbiyah
Haji dan umroh merupakan rangkaian rukun islam yang dilaksanakan oleh kaum muslim. Haji dan umroh dilakukan dengan secara berjamaah pelaksanaannya dikarenakan oleh di negara orang dan memiliki prosedur yang khusus. Serta diperlukan pendamping dalam penyelenggaraan tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi kegiatan rangkaian pentingnya komunikasi interpersonal dalam pendampingan kepada jamaah. Metode penelitian ini adalah dengan melaksanakan secara kuliah lapang dari mahasiswa bersangkutan dan menuliskan rangkaian ageda yang dilakukan dalam pelaksanaan pendampingan tersebut. Metode ini dekenal dengan metode pratisipasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi interpersonal menjadi pendekatan yang baik dan sangat ampuh memberikan penguatan kepada jamaah. Saling sapa, saling kenal dan saling memberikan dukungan di lapangan memberikan kemudahan kepada pengurusan administrasi untuk keberangkatan hingga pelaksanaan di tanah suci Makah.
Adinda, R. Q., & Kusumadinata, A. A. (2023). Teknik Komunikasi Dalam Dunia Kerja. Karimah Tauhid, 2(1),, 2(1), 360–368. Doi:Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i1.8033
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (Mude) 1.3 , 337-342.
Darmayenti, A. N., & Kustiawan, W. (2023). Fungsi Dakwah Dalam Kegiatan Keagamaan Di Majelis Taklim Darusshofa. Journal Of Education Research, 4(2, 715-723.
Iryani, E., & Tersta, F. W. (2019). Ukhuwah Islamiyah Dan Perananan Masyarakat Islam Dalam Mewujudkan Perdamaian: Studi Literatur. . Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 401-405.
Jamil, J., Rusle, R., Zolkipli, M., & Shaharanee, I. (2021). Persepsi Kegunaan Instagram Sebagai Alat Pemasaran Di Institusi Pendidikan Tinggi: Persepsi Kegunaan Instagram Sebagai Alat Pemasaran Di Institusi Pengajian Tinggi. Jurnal Tik Dalam Pendidikan 8 (1), 104-113.
Khulaisie, R. N. (2016). Hakikat Kepribadian Muslim, Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil. . Reflektika, 11(1), , 39-57.
Kusumadinata, A., Salsabila, A., Ningsih, A. W., Friyadi, E., Rachman, F. F., Karim, M. S., . . . Nasrudin, W. (2022). Penyuluhan Pemanfaaatan Sosial Media Instagram Membentuk Branding Usaha Mikro Kecil (Umk). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 149–156. Doi:Https://Doi.Org/10.59025/Js.V1i3.29
Lumongga, D. N. (2017). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Mukarom. (2020). Teori Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Sunan Gunung.
Noor, M. (2018). Haji Dan Umrah. . Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1), 38–42.
Oktariani, R. (2017). . Penerapan Fungsi Perencanaan Pada Kelompobimbingan Ibadah Haji (Kbih) Al-Ikhwan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Bimbingan Ibadah Haji. . Lampung : Uin Raden Intan Lampung.
Simbolon, F., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2023). Keterampilan Komunikasi Petugas Survey Pendataan Penduduk. Karimah Tauhid, 2(5), 1266–1273. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i5.9809
Suhaini, H., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2017). Strategi Kbih At-Taqwa Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Jamaah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(1), 86-102.
Syarifudin, A., & Hajariyah, S. (2019). Urgensi Dan Peran Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Dalam Standarisasi Khatib. . Wardah, 20(2), 54-68.