IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SMA NEGERI 1 CIBUNGBULANG
Isi Artikel Utama
Pentingnya pendidikan karakter di era globalisasi yang semakin berkembang perlunya pendidikan karakter yang berpedoman pada Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kegiatan apa saja yang merupakan penerapan pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai pancasila yang ada di SMA Negeri 1 Cibungbulang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam implementasi pendidikan karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Cibungbulang dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang ada seperti sholat zuhur dan asar berjamaah, solat dhuha bersama setiap hari Jum’at, kegiatan upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin, selalu menerapkan budaya 5S, sekolah yang secara terbuka dapat menerima masukan, pendapat, saran dari warga sekolah, dari penggunaan seragam sekolah serta dalam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 1 Cibungbulang.
Antari LPS, De Liska L. 2020. Implementasi nilai nilai Pancasila dalam penguatan karakter bangsa. Widyadari. 21(2):676–687.
Effendi YR. 2023. Sebuah kajian filosofis: Pendidikan karakter berbasis nilai dan norma Pancasila. J. Humanit. Civ. Educ. 1(1):29–45.
Istianah A, Mazid S, Hakim S, Susanti R. 2021. Integrasi nilai-nilai Pancasila untuk membangun karakter pelajar Pancasila di lingkungan kampus. J. Gatranusantara. 19(1):62–70.
Nurgiansah TH. 2022. Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. J. Basicedu. 6(4):7310–7316.
Rahmawati I, Lestari F, Lestari H, Pundasah ME. 2023. Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Cibungbulang. Sahid Mengabdi J. Pengabdi. Masy. Inst. Agama Islam Sahid ….
Savitri MD. 2023. Penerapan pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Palembang. J. Pendidik. West Sci. 1(2):159–169.
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung (ID): CV. Alfabeta.
Sulastri, Syahril, Adi N, Ermita. 2022. Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones. 7(3):413–420.