IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAN 1 TENJOLAYA
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Muzhir Ihsan
Siti Indah Cahyaningrum
Nana Supriatna
Salah satu langkah untuk mewujudkan pendidikan di sekolah yang unggul adalah dengan cara melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang proses pendidikan di sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana menjadi penting mengingat dampak yang diberikan untuk kualitas proses belajar mengajar guru di kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan melalui kegiatan PLP di SMAN 1 Tenjolaya adalah untuk mengambarkan kondisi nyata dalam pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah SMAN 1 Tenjolaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentai dan observasi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah tenaga kependidikan bagian sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tenjolaya Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan atau manajemen sarana dan prasarana di SMAN 1 Tenjolaya sudah dilakukan dengan cukup baik dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan pendidikan sekolah yang lebih unggul.
Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: Pusdikra Advertising.
Darmastuti, H., & Karwanto. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer Dan Informatika Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.
Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gunawan, A. H. (1996). Administrasi Sekolah (Administrasi Sekolah Mikro). Jakarta: Rineka Cipta.
Kompasiana.com. (2022). Permasalahan Pendidikan di Bidang Sarana dan Prasarana serta Kebijakan Inovasinya. Www.Kompasiana.Com.
Kumparan.com. (2022). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Terpencil. Www.Kumparan.Com.
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Stem Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based on Learning Independence With Stem Learning. Biodidaktika, 14(2), 18–23.
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, H., & Sopandi, W. (2021). Radec Learning To The Elementary School Teachers ’ Competence In Training Students ’ Critical Thinking Skills : A Case Study During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.28655
Lestari, H., & Widodo, A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Nature of Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2425
Marmoah, S. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Titian Teras Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(4), 26–35.
Novita, M. (2017). Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Nur El-Islam, 4(2), 97–129.
Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2022). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Tingkat SD. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 23–30.
Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana pendidikan. Tafhim Al-Ilmi, 11(2), 266–275.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.
Rahmawati, I., Lestari, F., Lestari, H., & Pundasah, M. E. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Cibungbulang. Sahid Mengabdi, 02, 108–122.
Saputro, A., Kuswandi, S., Purba, S., Ernawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. In Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Management, 4(1), 77–92.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.