PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DI ERA DIGITAL PADA GURU DI DESA GUNUNG SARI
Isi Artikel Utama
anisa nurul fitri
Fitriatun Nisa
Ikmal Awaludin
Rizki
Hasbi Ash Shiddieqy
Rusdiono
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas guru yang ada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, dalam pembelajaran di era digital saat ini. Subjek dari penelitian ini Guru sebagai tenaga pendidik di Desa Gunung Sari. Untuk meningkatkan kemampuan serta kapasitas dalam pembelajaran di era digital, guru diharuskan mempunyai keterampilan dalam literasi agar dapat diajarkan kepada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di Desa Gunung Sari masih banyak yang belum siap menghadapi revolusi digital terutama dalam hal meningkatkan literasi pada era digital saat ini, perkembangan yang pesat dalam dunia digital saat ini membuat guru-guru masih kesulitan dalam menyelaraskan strategi peningkatan literasi. Melalui penelitian ini, kami membangun strategi, bagaimana caranya dengan iklim pedesaan, guru-guru di Desa Gunung Sari bisa ikut serta, bekerja sama dalam meningkatkan literasi di era digital.
Abdolmohammadi, M., & Wright, A. (1987). An Examination of the Effects of Experience and Task Complexity on Audit Judgments. The Accounting Review, 62(1), 1-13.
Amilia, F. (2018). Pemahaman dan Habituasi untuk Membangun Kompetensi Menulis Praktis dan Ilmiah. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 22-31.
Ashar, F. S. (2022, Januari 23). Penguatan Literasi Baru pada Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from Surya Warta: https://www.surya-warta.com/2022/01/penguatan-literasi-baru-pada-guru.html
Bahri, S. (2021). Peningkatan Kapasitas Guru di Era Digital melalui Model Pembelajaran Inovatif Variatif. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(4), 93-102.
Fauziah, A. A., Lestari, H., Rahmawati, I., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Sahid, I. A. I. (2023). Pengembangan Medıa Pembelajaran MONUZA Pada Materı IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elementaru Edukasia, 6(1), 117–130. https://doi.org/10.31949/jee.v6v1.4658
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2022). Integration of Sustainable Development Education into Thematic Learning in Elementary Schools. AIP Conference Proceedings, 2468(December). https://doi.org/10.1063/5.0102663
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Rahmawati, I. (2022). The Impact of the RADEC Learning Model Oriented ESD on Students ’ Sustainability Consciousness in Elementary School. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.11
Lestari, H., Putriani, S., & Rahmawati, I. (2022). Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Hidayah. Kajian Islam Modern, 08(02), 2–9. https://doi.org/https://doi.org/10.56406/jurnalkajianislammodern.v8i02.111
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Pemahaman Nos Peserta Didik Sekolah Dasar Hana. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.598
Lestari, H., & Siskandar, R. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan, 4(2), 597–604. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/769
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, & Siskandar, R. (2021). Cultivating Green Behavior of Eco Literation-Based Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. Journal of Research in Science Education, 7(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.477 Introduction
Nindita, C., Candra Kirana, R., Nurfitri Fesenrey, M., Trianggraini, L., Siskandar, R., & Lestari, H. (2023). Kepribadian Narsistik dan Perilaku Hate Comment Pengguna Media Sosial. Jurnal Kajian Islam Modern, 9(01), 42–51. https://doi.org/10.56406/jkim.v9i01.162
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Rahmawati, I., Lestari, H., Permana, J., Komariah, A., & Kurniatun, T. C. (2022). Innovative Work Behavior Development Through Technopreneurship Leadership in Vocational Schools: An Mixed Method Explanatory Research. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 943–959. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202242
Saputro, A., Kuswandi, S., Purba, S., Ernawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. In Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.