INTEGRASI PENDEKATAN MULTIDISIPLINER, INTERDISIPLINER, DAN TRANSDISIPLINER DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Isi Artikel Utama
Musyahid
Eva Kumalasari
Kharisul Wathoni
Pendidikan Islam menghadapi tantangan kompleks di era digital dan globalisasi, memerlukan pendekatan yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai tradisional dengan kebutuhan kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengkritisi, dan menawarkan implikasi penerapan pendekatan multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner dalam pendidikan Islam. Metode kualitatif dengan studi pustaka digunakan untuk mengeksplorasi literatur mengenai integrasi berbagai disiplin ilmu dalam kurikulum pendidikan Islam. Adapun analisinya menggunakan content analysis. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan-pendekatan ini dapat memperkaya pemahaman dan relevansi pendidikan Islam, dengan memfasilitasi pemahaman yang lebih komprehensif dan adaptif terhadap perubahan zaman. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan pendidik dan resistensi terhadap perubahan perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi pendekatan ini. Evaluasi berkala dan dukungan kolaboratif antara akademisi, praktisi, dan kebijakan diperlukan untuk memastikan keberhasilan implementasi dan relevansi kurikulum.
Agustina, L., & Shalihin, R. R. (2022). Theoretical Framework Pendidikan Islam Berbasis Pendekatan Multi-Inter Transdisipliner. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(1), 28–34.
Alsubhi, M. A., Sahari, N., & Wook, T. T. (2020). A Conceptual Engagement Framework for Gamified E-Learning Platform Activities. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(22), 4–23.
Amelya, Y. A., Safitry, D., & Sujarwo. (2024). Implementasi Transdisipliner dalam Pembelajaran IPS. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(10), 74–84. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i10.3644
Azizah, R. L., & Roqib, M. (2023). Landasan Filosofi Studi Integrasi Islam, Sains, Dan Budaya Nusantara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 04(01).
Børte, K., Nesje, K., & Lillejord, S. (2023). Barriers to student active learning in higher education. Teaching in Higher Education, 28(3), 597–615. https://doi.org/10.1080/13562517.2020.1839746
Budwig, N., & Alexander, A. J. (2020). A Transdisciplinary Approach to Student Learning and Development in University Settings. Frontiers in Psychology, 11, 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.576250
Dalton, A., Wolff, K., & Bekker, B. (2021). Multidisciplinary Research as a Complex System. International Journal of Qualitative Methods, 20, 1–8. https://doi.org/10.1177/16094069211038400
Faizal, R. A., Azima, F., Maunti, O., & Nasor, M. (2023). Pemahaman Ilmu Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Interdisipliner. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen & Pendidikan, 2(7), 11–20.
Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology. United States of America: Sage Publications.
Maharani, D. (2018). Pendidikan Anak Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 01(01). https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.5
Pasiska, P., Ratono, I., Kurniati, A., Aly, H. N. A. N., Iqbal, M., & Adisel, A. (2023). Interdisipliner Pendidikan Islam Dan Realitas Keilmuan Indonesia. El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 21(1), 75–91. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v21i1.499
Pettalongi, S. S. (2022). Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies in Islamic Studies Context. Proceeding of International Conference on Islamic and Interdisciplinary Studies, 1(1), 1–6.
Rahmah, R., Yaqin, H., & Amiruddin, A. (2024). Pembelajaran Islam Pendekatan Multi, Inter, dan Transdisipliner (Hakikat dan Implementasinya). TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(01), 74–92. https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.14788
Rahman, F., & Ma’ruf, H. (2022). Penguatan dan Pengembangan Pendidikan Islam melalui Pendekatan Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 233–257. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i2.2511
Sa’diyah, L. S., Rostiana, R., Farhani, N. P., & Hidayat, W. (2023). Berbagai Pendekatan dalam Memahami Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 130–138. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i1.336
Suriyati, S., & Ulfah, S. N. (2023). Optimalisasi Nilai-Nilai Etika Sosial Siswa melalui Peran Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Sinjai. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(2), 160–172. https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.2614
Susan, D. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar. Jakarta: Indeks.
Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Yogyakarta: Selat Media.
Zed, M. (2004). Literature review method. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.














