METODE MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS III SD
Isi Artikel Utama
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas III SD melalui penerapan metode modelling the way. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode dalam penelitian ini adalah classroom action research yang dilakukan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes tertulis di setiap akhir siklusnya, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diperoleh dari instrument observasi. Indikator keberhasilan hasil belajar dikatakan meningkat jika ≥ 85% siswa mendapat nilai ≥ 65, sedangkan indikator keberhasilan aktivitas guru minimal berkategori baik dan indikator aktivitas siswa minimal berkategori “aktif”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 34 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 41 dengan kategori baik. Demikian juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 33 dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 40 dengan kategori baik. Untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,3 dengan persentase ketuntasan klasikal 69,2% dan mengalami peningkatan dimana pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 85, 1%, kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada kelas III SD.
Alfiana, Juarni. 2013. Penerapan Metode Membuat Contoh Praktek (Modelling The Way) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 6 Peresak Tahun 2013/2014. Mataram: Universitas Mataram
Djamarah, Saiful Bahri & Aswan Zaini. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah, F., & Saudah, S. (2023). PENERAPAN METODE MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS II SDN GANDANG 3 KECAMATAN MALIKU. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(2), 880-890.
Mutia, Y. (2023). Penerapan Modelling The Way Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(1), 1-22. https://doi.org/10.62719/diksi.v2i1.16
Nur Aisyah Apriani Rambe, & Azar Umar. (2024). Pengaruh Metode Modelling The Way Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA Swasta Pembangunan Galang. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 44–55. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.749
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riananda, D. M., Subekti, E. E., & KHB, M. A. (2019). Implementasi Metode Modelling The Way dengan Permainan Mathchess untuk Meningkatkan Keterampilan Perkalian. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394–404. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21766
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhiinya. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wasiah, W., & Putra, P. (2023). Implementasi Metode Modelling the Way dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Singkawang. Mau`Izhah : Jurnal Kajian Keislaman, 12(2), 129-138. https://doi.org/10.55936/mau%60izhah.v12i2.123