PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN SAHID BOGOR
Isi Artikel Utama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan santri Pondok Pesantren Modern Sahid Bogor tahun ajaran 2021/2022 Secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 736 santri penentuan sampel dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 santri. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi linier berganda. Analisis instrument penelitian menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0. hasil analisis terdiri dari beberapan pengujian yaitu Uji validitas dengan Pearson Product Moment yang hasilnya semua dinyatakan valid. Uji reliabilitas dengan nilai Cronbach’s Alpha > 0,6 dan semua hasilnya dinyatakan reliabel. Uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov (K-S) dan semua hasilnya dinyatakan normal. Uji multikolinearitas dengan menggunakan nilai toleransi dan VIF dan hasilnya tidak terjadi gejala multikolinearitas atau interkolerasi. Uji heterokedastisitas dengan menggunakan uiji glejser dan hasilnya tidak terjadi gejala heterokedastisitas. Hasil uji statistik analisis regresi linier berganda diperoleh regresi Y=-5.485 + 0,072 X1 + 0,245X2. Uji t dapat disimpulkan : (a) Uji hipotesis pertama (H1) diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,149 > 0,05 dan nilai t hitung 1,457 < 1.98861, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1 ditolak, berarti variabel Sarana Prasarana (X1) tidak mempengaruhi Kepuasan Santri (Y). (b) Uji hipotesis kedua (H2) diketahui nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung 10,164 > 1.98861, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H2 diterima, berarti variabel kualitas pelayanan (X2) mempengaruhi Kepuasan Santri (Y). Hasil uji statistik f dapat disimpulkan : nilai signifikansi untuk pengaruh Sarana Prasarana (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Santri ( Y) sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai F hitungnya 124,286 > 3,10 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang simultan (X1) Sarana Prasarana dan (X2) kualitas pelayanan terhadap (Y) kepuasan santri Pada hasil uji koefisien determinasi dihasilkan nilai Ajusted R Square sebesar 0,739. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Variabel Independent (X) mempengaruhi Variabel Dependent (Y) sebesar 73,9%.
Agus Eko Sujianto,”Aplikasi Statistik SPSS 16.0” Jakarta:Prestasi Pustaka,hlm.96.
Ali M dan Sidharta I “Determinasi Layanan Akademik di STMIK Mardira Indonesia Bandung”,Komputer dan Bisnis,(Juni,2004)
Arifin, Johan. Etika Bisnis Islam. Surabaya: Walisongo Press, 2009.
Ary H.Gunawan,Administrasi Sekolah:Administrasi Pendidikan Mikro
Cet.1(Jakarta:PT Rineka Cipta,1996)hlm.115
Doni Mahendra.Tesis Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan.2019.
Faruq,Umar,H.R.”Ayo Mondok Biar Keren”,Lamongan : Media Grafika Printing,2016,hlm.87,88.
Fitria Solahika Salma dan Ririn Tri Ratnasari, “Pengaruh Kualitas Jasa Perspektif Islam Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas Di Surabaya,” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 2, no. 4 (4 Desember 2015): 327.
Gitosardjono,Sukamdani Sahid,”Eka Dasawarsa Pondok Pesantren Modern Sahid” Q-Art Communication,2010.
Hafidudin,D. dan Tanjung,H. (2003).”Manajemen Syari’ah Dalam Praktik”(Jakarta:Gema Insani.hlm.56)
Hasibuan, Malayu.S.P.(2009),”Dasar-Dasar Perbankan” cet.ke-08. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta:Balai Pustaka 2001
Kasmir, “ Pemasaran Bank”(Jakarta:Kencana,2005)cet ke.2 hlm.205 Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan tafsirnya, Jakarta : PT.Sinergi Pustaka
Indonesia
Khotler, P. & Keller,K,L. (2013) Manajemen Pemasaran( 12 ed). Jakarta : Erlangga.
Kompri,”Manajemen Sekolah Teori dan Praktek”(Bandung:Alfabet,2014)hlm.3
, “Manajemen sekolah”(Yogyakarta,2015)hlm.305
Mahendra,D. (2009)Tesis”Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo”.
Muatari Mohamad, “Manajemen Pendidikan” (Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada,2014,hl.119
Muhakamurrahman,Ahmad,”Pesantren:Santri,Kiai dan Tradisi” Jurnal Al- Azhar kairo Mesir,vol.2 No.2,2014.
Mujamil Qomar, “Manajemen Pendidikan Islam” (Jakarta : PT.Gilova Aksara Pratama,2007)hl 170-171
Nasution.Manajemen Mutu Terpadu,Jakarta:Ghalia Indonesia,2001. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang
Satuan Pendidikan Mu’adalah Pada Pondok Pesantren.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum
Peraturan pemerintah Republik Indonesia No.66 Tahun 2010 Tentang
Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Popi,S. “Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa” Bogor : Ghalia Indonesia.(2010)hlm.34.
Rangkuti,Freddy. “Measuring Customer Satisfaction”Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama,2020.
Ratminto dkk,Manajemen Pelayanan Pengembangan model konseptual penerapan Cittizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal(Yogyakarta:Pustaka Pelajar,200)hlm.2
Sinambela,Lijan Poltak,dkk,2011,”Reformasi Pelayanan Publik”Teori,Kebijakan, dan Implementasi,Bumi Aksara,Jakarta.
Sofian Siregar.”Statiska Deskriptif untuk penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17”. Jakarta:Rajawali Press,(2014) hal.257.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif an R&D, (Bandung
: Alfabeta, 2006)
, Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010)
,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm. 134
Sujoko Efferin dkk, Metode Penelitian Akuntasi, (Yogyakarta:Graha Ilmu, 2008), hlm.47
Tjiptono,F.(2008) “ Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima”(2 ed).
Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakarta:VisiMedia,2007)hlm.30.
No.20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional (Jakarta :CV.Eka Jaya,2003).hlm.24,45,46
Yetri,”Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung” Jurnal Kependidikan Islam,2018,hlm.192