PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK BIKA SINGKONG MASYARAKAT DESA CIMAYANG MELALUI MEDIA SOSIAL
Isi Artikel Utama
Muhamad Ahbib Habibaka
M. Rizki Darmawan
Ayu Husna Kamilah
Erwin Hidayat
Acep Nugraha
Ermi Suryani
Tujuan dari penyuluhan ini adalah masyarakat mampu mengetahui dan memahami strategi pemasaran bika singkong cimayang baik offlien maupun online melalui media sosial. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sasaran pengabdian kepada masyarakat ini adalah ibu-ibu rumah tangga dan pemuda pemudi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang strategi pemasaran yang baik, peserta juga mendapatkan motivasi untuk mengubah strategi pemasaran produk pertanian dengan mengelolanya terlebih dahulu hasil pertanian menjadi produk makanan yaitu bika singkong cimayang (SI MAYANG) lalu menerapkan strategi pemasaran produk baik secara offline yaitu dengan menjalin kerjasama dengan toko Super Kue dan secara online yaitu dengan memanfaatkan media sosial instagram. Adapun Strategi keberlanjutan dari inovas desa SI MAYANG yaitu memperluas pemberdayaan masyarakat desa dalam membuat SI MAYANG guna meningkatkan produktivitas usaha, mencari akses permodalan dalam rangka pembangunan usaha, pemberian label halal dan mengukur kadar/nilai gizi.
Pomirleanu, N., Schibrowsky, J., Peltier, J. W., & Nill, A. (2013). A review of internet marketing research over the past 20 years and future research direction Article information. Journal of Research in Interactive Marketing, 7(3), 166–181. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2013-0006
Riese, M., A, L., & Pennisi. (2010). Using Sosial Media To Market Your Business. Nebraska Lincoln.
Sriyanto, Harimukti, F., Kasidin, & Sutianingsih. (2020). Penyuluhan Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Di Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 6(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistyandari, Widiastuti, E., & Indriati, S. (2017). Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” Di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–10.
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Sosial Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.
Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublsh.
https://andi.link/hasil-survei-penetrasi-dan-perilaku-pengguna-internet-indonesia-tahun-2018/ (diakses pada tanggal 13 September 2022).