PERAN KOMPETENSI STAF ADMINISTRASI DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DI SMA NEGERI 1 DRAMAGA
Isi Artikel Utama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi staf administrasi dalam implementasi manajemen kearsipan di SMA Negeri 1 Dramaga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan studi literatur dengan menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Pengumpulan datan menggunakan literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan dua tahap yang dimana tahap pertama melakukan analisis selama kegiatan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, tahap kedua yaitu analisis setelah kegiatan terlaksana yang memiliki tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan kompetensi staf administrasi dapat memberikan kinerja yang optimal dan efektif serta efisien sehingga pekerjaan dapat selesai dengan cepat serta dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Gustina, L., & Hidayat, A. T. (2021). Manajemen Kearsipan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Di Sma Majalaya Putra Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i1.18
Khoirunnisa, Y. (2021). Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPI Al-Hamidiyah Depok. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61822%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61822/1/11170182000059_Yulia Khoirunnisa - YULIA KHOIRUNNISA MHS 2017.pdf
Muthmainnah. (2022). Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Skripsi Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Rahayuningsih, & Martono, S. (2020). Analisis Kemampuan Manajemen Kearsipan Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 803–815. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42112
Sholikah, M., & Hermanto, F. Y. (2021). Manajemen Arsip Dinamis Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Sekolah. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(3), 321–331. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n3.p321-331
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Sururi, Hafidh, Z., Suryana, A., Rahyasih, Y., Kadarsah, D., & Suharto, N. (2023). Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Melalui Self-Directed Learning. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 238–250. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.29971
Ulfa, S. W., Monalisa, F. N., Irgi, M., & Nasution, M. (2023). Peran Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Swasta Hifzil Qur ’ an Islamic Centre Sumatera Utara. 7(3), 29001–29007. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11644
Yuliastanty, S., & Hazlif Nazif. (2021). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Smk Negeri Kota Padang. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.414