PERAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 CIBUNGBULANG
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Fitri Lestari
Hana Lestari
Meinar Endang Pundasah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru penggerak di sekolah SMA Negeri 1 Cibungbulang dalam menumbuhkan karakter Pancasila terhadap peserta didik melalui kegiatan projek profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif dengan teknik pengumpulan data melalui artikel literatur, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan peran Guru Penggerak di SMA Negeri 1 Cibungbulang dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila termasuk kategori sangat baik dan mampu menerapkan perannya dengan baik disetiap perilaku dan tindakannya dilingkungan sekolah hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diluar pembelajaran dengan pembiasaan-pembiasaan yang dapat menumbuhkan karakter pancasila peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan beberapa strategi yang dintegrasikan melalui kegiatan pendidikan formal intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler yang dikemas dalam kegiatan projek enterpreneur day sehingga implikasinya sangat kuat terhadap pembentukan karakter.
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Arum, R., Kasimin, K., & Ari Setiawan. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 138–147. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.61
Falah, S. (2021). Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Melalui Optimalisasi Manajemen Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1175
Hafifah, A., Muhammad, H., Adha, M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di. 2(10), 6–14.
Hardini, W. E., & Sopiany, H. N. (2018). Konsep Kehidupan Beragama Dalam Sifat Trikotomi Bilangan Riil. Unsika, 134–141.
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Kusumiyati, K., Putri, I. E., Hadiwijaya, Y., & Mubarok, S. (2019). Respon nilai kekerasan, kadar air dan total padatan terlarut buah jambu kristal pada berbagai jenis kemasan dan masa simpan. Jurnal Agro, 6(1), 49–56. https://doi.org/10.15575/4142
Lestari, H., & Sopandi, W. (2021). Radec Learning To The Elementary School Teachers ’ Competence In Training Students ’ Critical Thinking Skills : A Case Study During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.28655
Lestari, & Siskandar, R. (2021). Cultivating Green Behavior of Eco Literation-Based Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. Journal of Research in Science Education, 7(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.477 Introduction
Nugroho, A., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A., Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, S., Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Nurmalisa, Y., & Adha, M. M. (2016). Peran Lembaga Sosial Terhadap PePERAN LEMBAGA SOSIAL TERHADAP PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Yunisca Nurmalisa Muhammad Mona Adha Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lampung Jl. Prof. Dr. Soemantri Brodjoneg. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 64–71.
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.
Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. 28(3), 315–330.
Sali, N., Avicenna, A., Susilowati, E., Ernawati, E. A., Panjaitan, M. M., Yustita, A., Susanti, S. saodah, Saputro, A. N., Muslimin, T., Saputro, D., & Lestari, H. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter.
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa Sd Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41
Wiliandani, I., Putri, S., Hussen, S., & Adawiyah, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan di SMPN 11 Jember ( Creative Thinking Skill in Solving Simillarity Problem at Junior High School 11 of Jember ). Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, IV, 59–62.
Yudhawardhana, A. N. (2017). Kegiatan Jumat Bersih di Lingkungan Sekolah sebagai Benuk Sikap Gotong Royong dalam Membentuk Karakter Siswa. Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan), 1(1), 1–6.