Processing Charges
Indexing
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Arab kelas V di MI Al Azkia Tenjolaya Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 39 responden menggunakan teknik non probability sampling dengan sampel jenuh. Pengambilan data menggunakan angket, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 20.0. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh Fhitung (11,247) > Ftabel (3,26) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa semakin kuat pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama, maka prestasi belajar yang dihasilkan oleh siswa akan semakin meningkat.