Tujuan penelitian ini: (1) dengan media pameran dapat meningkatkan hasil belajar Budaya dan Seni serta Keterampilan siswa kelas V SDN Gunung Picung 03; (2) media pameran dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran pada mata pelajaran Budaya dan Seni serta Keterampilan siswa kelas V SDN Gunung Picung 03; dan (3) penggunaan media pameran dapat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas V SDN Gunung Picung 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). . PTK dilaksanakan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang muncul di kelas. Metode ini dilakukan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tahap kegiatan merupakan suatu siklus yang berlangsung berulang-ulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama serta terfokus pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan menggunakan media pameran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Budaya dan Seni dengan menggunakan media pameran. media pameran pun meningkat. Peningkatan tersebut adalah: (1) Hasil belajar siswa meningkat sebesar 4,52%; (2) Persentase ketuntasan studi meningkat sebesar 13,51%; dan (3) persentase aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 23,07%.. Sehingga siswa akan lebih maksimal karena perkembangan fungsi otak kanan dan kirinya berkembang lebih baik dan seimbang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pameran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan peranan mata pelajaran seni budaya di kelas V SDN Gunung Picung 03.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Seni Budaya dan Keterampilan, Media Pameran