PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3 DIMENSI BERBASIS METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SD NEGERI 17 KAB. BARRU
Isi Artikel Utama
Widya Sasmita Ningrum
St. Syamsudduha
Muh. Anwar HM
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar tematik kelas VI sebelum menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi, 2) Mengetahui hasil belajar tematik kelas VI sesudah menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi, 3) Mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan media 3 dimensi berbasis metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis desain One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 17 Kabupaten Barru sebelum menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 58.76, dengan nilai maksimum 67 dan minimum 52. Hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 17 Kabupaten Barru sesudah menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 78,84, dengan nilai maksimum 88 dan minimum 73. Berdasarkan hasil analisis diatas, diperoleh hipotesis bahwa penggunaan media 3 dimensi berbasis metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 17 Kab. Barru.