INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DI SMA NEGERI 13 SEMARANG
Isi Artikel Utama
Syarif Maulidin
Yuyun Dwi Firma
Ari Arkanudin
Penelitian ini berfokus pada analisis kegiatan ekstrakurikuler spiritual Islam di SMA Negeri 13 Semarang, mengeksplorasi perannya dalam membentuk karakter religius, toleransi, dan kerukunan sosial siswa. Tujuan utama artikel ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana kegiatan ekstrakurikuler ini berkontribusi pada internalisasi moderasi beragama, khususnya dalam masyarakat pluralistik seperti Indonesia. Penelitian ini dimotivasi oleh semakin pentingnya menumbuhkan toleransi dan mencegah radikalisme melalui program pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk observasi, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen kegiatan ekstrakurikuler. Hipotesisnya adalah bahwa ekstrakurikuler spiritual Islam meningkatkan pemahaman agama siswa dan mempromosikan kerja sama antaragama. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan seperti studi agama mingguan (ta'lim/cium), layanan masyarakat seperti membersihkan masjid, dan kerja amal antaragama secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang moderasi, toleransi, dan tanggung jawab sosial. Lebih jauh, kegiatan ini berkontribusi pada budaya sekolah yang positif yang memperkuat persatuan di antara siswa dari latar belakang agama yang berbeda. Penelitian ini berkontribusi pada bidang pendidikan yang lebih luas dengan menunjukkan bagaimana program ekstrakurikuler dapat digunakan secara efektif untuk mempromosikan moderasi beragama dan mencegah radikalisasi. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menekankan peran penting kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan pola pikir yang seimbang dan toleran di kalangan siswa, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan perdamaian dan keharmonisan sosial di sekolah.
Abdurakhman, Omon, and Radif Khotamir Rusli. “Teori Belajar Dan Pembelajaran.” Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2015).
Arifin, Bambang Syamsul, and A. Rusdiana. "Manajemen Pendidikan Karakter." (2019).
Arfanaldy, S. R., Aziza, I. F., Kur’ani, N., Judijanto, L., Mutiaraningrum, I., Husain, H., ... & Ohorella, N. R. (2024). Menghadapi Tantangan Pengajaran: Solusi Inovatif untuk Permasalahan Klasik di Ruang Kelas. Yayasan Literasi Sains Indonesia.
Asifudin, Ahmad Janan. "Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren." Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.2 (2016): 355-366. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-10.
Farhani, Dea. "Manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler keagamaan." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4.2 (2019): 209-220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619.
Fahrurrozi, Muhammad. "Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren." TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5.1 (2022): 29-42. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1094
Fahrurrozi, Muhammad. "Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren." TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5.1 (2022): 29-42. DOI: https://doi.org/10.32528/tarlim.v5i1.7061
Kurniawan, W., Maulidin, S., & Rohman, M. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Total Quality Manajemen. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 8(1), 36–53. https://doi.org/https://doi.org/10.33507/cakrawala.v8i1.1924
HARTANTI, Anindya Diah; ABDURRAHMANSYAH, Abdurrahmansyah; ADIL, Muhammad. Tahfiz Qur’an dengan Metode Tasmi’dan Sambung Ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, dan Pengelolaanya di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 2021, 15.2: 97-112. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.42.
Harun, Cut Zahri. "Manajemen pendidikan karakter." Jurnal pendidikan karakter 4.3 (2013). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752.
Haeruddin, Haeruddin, Bahaking Rama, and Wahyuddin Naro. "Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 60-73. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432
Irjanawadi, Lalu, et al. "Manajemen Pembinaan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Lombok Timur." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8.1 (2023): 125-132. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1166
Julaeha, Siti. "Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Darusalam Tasikmalaya." Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies 2.2 (2022): 108-138. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1094
Maulana, Irwan. "Manajemen pendidikan karakter gotong royong." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5.1 (2020): 127-138. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393
Maulidin, S., Rohman, M., Nawawi, M. L., & Andrianto, D. (2024). Quality Management in Improving Competitiveness in the Digital Era at Madrasa. Journal of Advanced Islamic Educational Management, 4(1), 57-70.
Maulidin, S., & Supriadi, Eti Hadiati, N. (2024). PENGARUH KINERJA KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 84–99. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i1.604
Maulidin, S., & Jamil, M. A. (2024). PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF (Studi Kasus SMA Bustanul Ulum Jayasakti Anak tuha Lampung Tengah). Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128-140.
Maulidin, S. (2024). Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren:(Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Darul Falah Bandar Lampung). Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 126-138.
Mulyasa, H. E. Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara, 2022.
Munir, Misbakhul. Implementasi Fungsi Pengorganisasian Pondok Pesantren Al-Ishlah Desa Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. 2017. PhD Thesis. IAIN Raden Intan Lampung..
Nizarani; KRISTIAWAN, Muhammad; SARI, Artanti Puspita. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 2020, 9.1: 37-44. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432.
Prabowo, Sultan Hadi, Agus Fakhruddin, and Miftahur Rohman. "Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11.2 (2020): 191-207. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806
Qosim, Nanang. "Aplikatif Manajemen Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Santri." At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan 6.1 (2020): 81-95.
Prayoga, Ari, Jaja Jahari, and Mutiara Fauziah. "Manajemen Program Vocational Life Skill Pondok Pesantren." J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4.2 (2019): 97-106.
Rahman, Taufiqur, and Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. "Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4.1 (2019): 1-14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175.
Rohman, Miftahur, and Hairudin Hairudin. "Konsep tujuan pendidikan islam perspektif nilai-nilai sosial-kultural." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9.1 (2018): 21-35.
Rohman, Miftahur, and Zulkipli Lessy. "Practicing Multicultural Education through Religiously Affiliated Schools and Its Implications for Social Change." Jurnal Pendidikan Islam 6.1 (2017): 1-24. https://doi.org/10.14421/jpi.2017.61.1-24.
Salim, Ahmad. "Manajemen pendidikan karakter di madrasah: Sebuah konsep dan penerapannya." Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 1.02 (2015): 1-16. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.1999.
Sholeh, Moh. "Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon." Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4.2 (2023): 305-320.
Siregar, Muhammad Sapril, Nasir Usman, and Niswanto Niswanto. "Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan)." Jurnal Pendidikan West Science 1.11 (2023): 701-712. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762.
Sirojuddin, Akhmad, Ashlahuddin Ashlahuddin, and Andika Aprilianto. "Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren." Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3.1 (2022): 35-42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143
Sumardi, Kamin. "Potret pendidikan karakter di pondok pesantren salafiah." Jurnal Pendidikan Karakter 3.3 (2012). 10.21831/jpk.v0i3.1246
SYARIF, M. (2024). PENGARUH KINERJA KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Waskito, Tejo, and Miftahur Rohman. "Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur'an." Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 14.2 (2018): 29-43. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.260
Yusup, Muhamad, Omon Abdurakhman, and R. Siti Pupu Fauziah. "Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Yaspida Sukabumi." Tadbir Muwahhid 2.1 (2018): 11-24..