UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA MA BUSTANUL ‘ULUM JAYASAKTI
Isi Artikel Utama
Nurdiana Sari
Hawwin Huda Yana
Yuwanita
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan dan kemandirian siswa di MA Bustanul ‘Ulum Jayasakti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya tingkat kedisiplinan dan kemandirian siswa yang menjadi tantangan bagi guru dalam membentuk karakter siswa di lingkungan pesantren. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dipilih karena memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap fenomena sosial yang tidak dapat dikuantifikasi, meliputi proses, peristiwa, dan keotentikan data. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memahami pola dan strategi yang diterapkan guru dalam membentuk karakter disiplin dan mandiri siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran sentral melalui penerapan aturan yang jelas, pemberian penghargaan dan sanksi, pembimbingan individu, serta komunikasi aktif dengan orang tua. Pendekatan restoratif dan pendidikan karakter juga diterapkan untuk membantu siswa memahami dan memperbaiki kesalahan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami strategi pendidikan karakter di lembaga pendidikan berbasis pesantren dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan model pembelajaran yang lebih komprehensif. Temuan ini relevan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan karakter di era modern.
Abrori, I., Tobroni, T., Romelah, R., & Ikhwan, A. (2024). Strengthening Islamic Religious Education Values in Developing Independent Character. Al-Hayat, 8(3), 1135–1157. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.580
Aliyah, N., Thabrani, Abd. M., Rodliyah, St., Amal, B. K., & Samosir, S. E. (2024). Research-Based Islamic Education Curriculum Management. Al-Hayat, 8(3), 1158–1172. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.668
Anishchenko, V., & Damai, D. (2024). Peran Guru dalam Budaya Sekolah Untuk Membentuk Sikap Disiplin Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.69743/edumedia.v2i2.21
Azmi, S. D., Arifannisa, A., Dwiyanto, D., & Imron, A. (2024). The Influence Of Pesantren Education On The Development Of Students’ Character. https://doi.org/10.62872/a3652v24
Islamiati, S. H. D., Iswan, I., & Nomi, A. S. (2024). Penyediaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Pendidikan Islam. Religion, Education, and Social Laa Roiba Journal (RESLAJ), 6(11). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i11.4119
Ju’subaidi, J., Lindgren, T., Mujahidin, A., & Rofiq, A. C. (2024). A Model of Transformative Religious Education: Teaching and Learning Islam in Pondok Modern Darussalam Gontor, Indonesia. Journal of Religious Studies. https://doi.org/10.20885/millah.vol23.iss1.art6
Kurniawan, W., Rohman, M., Sudrajat, W., Yana, H. H., Nawawi, M. L., & Najah, S. (2024). Analisis Kompetensi Guru Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Menuju Local Genius 6.0 Ideas Internet Of Things (IoT). An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 6(1), 103–118. https://doi.org/10.37758/annawa.v6i1.964
Lima, C. A., Silva, D. F. da, Silva, E. C. de O., Ferreira, F. R. S., Nascimento, G. B., Fernandes, G., Teixeira Silverio, J. M. da, Souza, N., Lima, L. M. de, & ARAÚJO, M. V. D. S. (2024). Motivação no processo de ensino- aprendizagem: um olhar sobre fatores motivacionais e desmotivacionais na educação da sociedade brasileira. 44–45. https://doi.org/10.69849/revistaft/fa10202410161944
Maubila, E. (2024). Peranan Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatakan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri Silaipui. https://doi.org/10.59098/pensos.v2i2.1797
Mufaridah, A., Yana, H. H., & Mubaidilah, A. (2025). Konsep Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam menciptakan harmoni sosial dan mengurangi ekstremisme , terutama di masyarakat yang Konsep Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. 1.
Muid, A., & Nasrulloh, N. (2024). The Role of Education in the Formation of Character and Noble Morals from the Perspective of the Qur’an. Deleted Journal, 2(11), 218–226. https://doi.org/10.62504/jimr992
Munasir, M., Mahmudin, W., Ramdani, M., Badrudin, B., & Zaqiah, Q. Y. (2024). Improving the Discipline Character of Students Through the Implementation of the Students’ Handbook. Edutec, 8(1). https://doi.org/10.29062/edu.v8i1.978
Novrianti, F., Widayatsih, T., & Mahasir, M. (2024). Implementation of Student’s Discipline Character and the Role of Educators at SDN 241 Palembang. Journal of Social Work and Science Education. https://doi.org/10.52690/jswse.v5i3.900
Nurzafimala, N., Namatsi, B. A., & Hong, S. K. (2024). Building National Character: The Role of Character Education in History Learning. Indonesian Journal of Education Research, 5(5), 205–214. https://doi.org/10.37251/ijoer.v5i5.1156
Ofoghi, N., Sadeghi, A., & Babaei, M. (2024). Effects of Classroom Atmosphere on the Quality of Learning (QoL) for Students Learning (pp. 45–61). https://doi.org/10.9734/bpi/pller/v6/20031d
Pramowardhani, A., & Trijayanti, M. K. (2024). Analisis Peranan Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Kadugede. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 2(1), 121–137. https://doi.org/10.35316/jummy.v2i1.5556
Rajbhandari, M. M. S. (2024). Classroom Environment Engraving Teachers’/students’ Level of Motivation. 1(1), 30–41. https://doi.org/10.3126/sxcj.v1i1.70875
Ramadhani, T., Widiyanta, D., Sumayana, Y., Rengga, R., Santoso, Y., Puspita, P., Agustin, D., & Al-Amin, A.-A. (2024). The Role Of Character Education In Forming Ethical And Responsible Students. International Journal of Graduate of Islamic Education. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i2.3064
Rambe, A. A., Dwietama, R. A., Arya, M. N., Firdaus, E., & Rahman, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Al-Hikmah, 21(2), 238–249. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(2).16354
Sembiring, V. B., Ndona, Y., & Gultom, I. (2024). Contribution Of Parental And Teachers’ Guidance Towards Independent Behavior Of Elementary School Children. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika, 5(4), 989–995. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.517
Suhara, D., Nurjanah, N., Rusnaya, M., Tarsa, H., Bella, C., & Hartini, Y. (2024). Application of Character Education in the Modern Islamic Boarding School Curriculum. https://doi.org/10.56442/ieti.v2i2.852
Sujarwo, A. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Karakter: Strategi Pembangunan Karakter Siswa di Madrasah. Edukasia. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1174
Suyatna, A., & Royani, I. (2024). Pesantren Parenting as A Solution To Students’ Moral Degradation (A Systematic Literature Review). Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 9(3), 461. https://doi.org/10.33394/jtp.v9i3.11801
Tambak, S., & Sukenti, D. (2025). Islamic professional madrasa teachers and motivation for continuous development: a phenomenological approach. Journal of Education and Learning, 19(1), 81–90. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21301
Winarto, R. H., & Rindaningsih, I. (2024). Role Of The School Principal In Implementing The Independent Learning Curriculum. https://doi.org/10.21070/ups.6202
YANA, H. H. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PENDEKATAN FENOMENOLOGIS. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 4(3), 682–689.
Yana, H. H., & Susanti, L. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi di Madrasah. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i1.47
Yana, H. H., Andrianto, D., Nawawi, M. L., & Sudrajat, W. (2024). Moderated Coexistence : Exploring Religious Tensions Through. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(April), 68–82.
Yanti, Y. M. (2024). Implementation of the Independent Learning Curriculum for Students. PPSDP International Journal of Education, 3(2), 354–365. https://doi.org/10.59175/pijed.v3i2.253
Zahroh, I. N., & Mukaffan, M. (2024). Peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menghadapi era digital di madrasah tsanawiyah excellent zainul hasan balung jember. 3(2), 188–205. https://doi.org/10.70412/itr.v3i2.76
zuliani, S., & Munawaroh, S. (2024). Penerapan Manajemen Pendidikan dalam Memperkuat Karakter Siswa di Sekolah. https://doi.org/10.54437/attadb