INTEGRASI SAINS DAN AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD WAHDAH ISLAMIC SCHOOL 03 MAKASSAR
Isi Artikel Utama
Nur Aqlia
Ismail
Khumaidi Ali
Pembelajaran integratif di SD Wahdah Islamic School 03 Makassar menggabungkan beberapa disiplin ilmu, seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) dan sains, agar siswa memperoleh pemahaman holistik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknis analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran integrasi sains dan Al-Qur'an di SD Wahdah Islamic School 03 Makassar dimulai dengan rapat kerja dan penyusunan perangkat ajar. Perencanaan ini didasarkan pada landasan teoritis, filosofis, yuridis, dan pendidikan Islam, yang memberikan dasar kuat bagi penerapannya. (2) Pembelajaran integrasi sains dan Al-Qur'an di SD Wahdah Islamic School 03 Makassar dilakukan dengan alokasi waktu yang seimbang antara agama dan sains. (3) Evaluasi pembelajaran integrasi pembelajaran sains dan al-Qur’an.
Al-Qur'an dan Terjemahan, (Kementerian Agama RI Bandung, Rineka Cipta, 1999).
Abdullah, Amin. “Kerangka Dasar Keilmuan & Pengembangan Kurikulum.” (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2004).
Abdullah, Amin, dkk. Integrasi Sains-Islam: Mempertemukan Epistemologi Islam dan Sains. (Yogyakarta: Pilar Religi, 2004).
Adawiah, Rabiatul. “Integrasi Sains dan Agama Dalam Pembelajaran Kurikulum PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya).” No. 1, Volume 15 (Januari-Juni 2016).
Alfin, Ananda, dkk. "Amal Jariyah berupa Sedekah sebagai Bentuk Ibadah yang Berkelanjutan." IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 2.5 (2024).
Agustyaningrum, Nina, and Paskalia Pradanti. "Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?." Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5.1 (2022).
Anggraena, Yogi, et al. "Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran." (2022).
Arini, Aida, and Halida Umami. "Pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pembelajaran konstruktivistik dan sosiokultural." Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 2.2 (2019).
Bahtiar, Abd Rahman. “Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, No. 2 (2016).
Brutu, Dur, Saipul Annur, and Ibrahim Ibrahim. "Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam." Jambura Journal of Educational Management (2023).
Chanifudin dan Nuriyati, Tuti. “Integrasi Sains dan Islam Dalam Pembelajaran.” Asatiza Jurnal Pendidikan, No. 2, Volume I (Mei-September, 2020).
Danusiri. “Islam: Membentuk Sains Dan Teknologi.” Teologi 26, No. 1 (2015).
Dewi, Putu Yulia Angga, et al. Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
Faizin, Moh, dkk. "Penguatan Kapasitas Mahasiswa Melalui Kompetensi Soft Skill Public Speaking Bagi Pendidik PAI di Era Milenial." Cendekia 15.01 (2023).
Fuadia, Laela Azka, Musbaiti Musbaiti, and Santika Lya Diah Pramesti. "Analisis Instrumen Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa." SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika. Vol. 3. 2023.
Hidayah, Nurul. "Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar." Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.1 (2017).
Hidayatullah, Rakhmad Agung, dkk. "Pendidikan Jiwa Sebagai Landasan Pembentukan Islamic Human Resources Development (Ihrd) Di Perguruan Tinggi." Jurnal Ilmiah Edunomika 7.2 (2023).
Irfiani, Vivi, and Alam Tarlam. "Potensi Manusia Dalam Perspektif Islam: Menggali Potensi Diri Untuk Kesempurnaan Spiritual." KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.2 (2023).
Indonesia, Presiden Republik. "Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional." Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (2003).
Khoiruddin, Muhammad, and Ahmad Zamroni. Konsep pendidikan sosial berbasis tauhid dalam perspektif Al-Qur’an. Unisnu Press, 2023.
Kudus, P. K. K., & Husna, F. "Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Siswa Pada Mapel Rumpun Pendidikan Agama."
Kurniati, Pat, et al. "Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21." Jurnal Citizenship Virtues 2.2 (2022).
Lake, Kathy. Integrated Curriculum, School Improvement Research Series. NorthWest Regional Educational Laboratory, USA, 2000.
Little, Amanda, and Anne Houl. “Interdisciplinary Team Teaching: An Effective Method to Transform Student Attitudes.” The Journal of Effective Teaching (JET), No. 1, Volume 11 (2011).
Masruri, M. Hadi, Imron Rossidy, and Muhammad Amin Nur. "Pengembangan model pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) berbasis multikultural dalam meningkatkan sikap toleransi dan kerukunan beragama." (2016).
Mcl. Elland, V. Cristine. “The Nature of Science and the Scientific Method.” International Journal of Geological Society of America, 1998.
Meehan, Merrill L. “What About Team Teaching.” Association for Supervision a Curriculum Development (ASCD), (Pennsylvania State University,1973).
Mushtafa, Javed. “Proposing a Model for Integration of Social Issues in School Curriculum.” International Journal of Academic Research, No.1, Volume 3, (Januari 2011).
Naja, Hilmiyatu, dkk. “Integrasi Sains dan Agama (Unity of Science) dan Pengaplikasiannya terhadap Penerapan Materi Reproduksi dan Embriologi.” No. 2, Volume 13 (Agustus 2020).
Nirwana, Rina, and Qolbi Khoiri. "Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Pada Satuan Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi." Journal on Education 5.2 (2023).
Nurkholis, "Penetapan Usia Dewasa Cakap Hukum Berdasarkan Undang-Undang dan Hukum Islam," Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam 8.1 (2018).
Nur’aeni, Eni. "Peran Guru Aqidah Dalam Meningkatkan Self Control Remaja (Studi Kasus di MTs Al Khairiyah Kalodran Serang)." Jurnal inovasi penelitian 3.1 (2022).
Pelawi, Jhon Tyson, and Muhammad Fadhlan Is. "Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini (Dibawah Umur)." Jurnal Education and Development 9.2 (2021).
Prastowo, Andi. "Perubahan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SD/MI Di Indonesia: Dari Ktsp Menuju Kurikulum 2013." Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar 8.1 (2018).
Yulianti, Ferina, Hafid Muslih, and Karman Karman. "Experiential Learning Pada Kisah Nabi Musa Dan Nabi Khidr Dalam QS Al-Kahfi Ayat 62-82." J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 9.2 (2023).
Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah. Visi dan Misi Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah. (dalam https://ypwi.or.id/ diakses tanggal 27 November 2023).