Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa SD
Negeri Tunggilis Cileungsi Kabupaten Bogor maka beberapa upaya dilakukan melalui metode demonstrasi. Melalui metode demonstrasi dan pemberian pekerjaan rumah diharapkan siswa dapat meningkatkan aktivitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I SON Tunggilis Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (73,33%), siklus II (88,89%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh positifp terhadap hasil belajar siswa kelas I SON Tunggilis dan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pada pembelajaran tema lingkungan
Kata Kunci:
Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Terna Lingkungan
Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Terna Lingkungan