Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Pondok Pesantren Hubbul Qur’an
Isi Artikel Utama
Muhammad Badran
Hasil penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan Metode Yanbu'a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di Pondok Pesantren Hubbul Qur'an sebanyak 15 santri laki laki dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Metode Yanbu'a merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengajaran dan penghafalan Al-Qur'an dengan menggunakan teknik pengulangan dan repetisi yang terstruktur. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus di pondok pesantren tersebut, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan pengajar, dan tes kemampuan baca tulis Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Yanbu'a secara signifikan meningkatkan kemampuan santri dengan data santri belum mencapai KKM pada pra siklus dan 60% mencapai KKM pada siklus pertama dan yang terakhir siklus kedua mencapai hingga lebih dari 85% dalam mencapai KKM 75 pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, dengan peningkatan yang terlihat dalam pengucapan, pemahaman, dan kefasihan baca tulis Al-Qur'an. Penelitian ini memberikan wawasan tentang efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan Al-Qur'an di lembaga pendidikan Islam, dan memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai KKM yang ditentukan
Bahtiyar, Yusuf, et al. "Pelatihan Tahsin Alquran Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan
Metode Yanbu’a." Journal of Integrated Elementary Education 2.1 (2022)
DAHLIA, ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PERATURAN DAERAH BERNUANSA SYARIAH DALAM SISTEM HUKUM DI INDONESIA. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2020.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002
Fasih, Abd Rahman. "Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Tinjauanal-Qur’an Dan AlHadist." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 14 (2016).
Fauzan, Ahmad Hasyim. "Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya
Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran." Ar-
Risalah 8.1 (2015).
Hasbullah, Hasbullah. "Lingkungan pendidikan dalam al-qur’an dan hadis." Tarbawi:
Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4.01 (2018)