Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Islam Di SMA Muhammadiyah Pamijahan Bogor
Isi Artikel Utama
Lilis Lestari
Ima Rahmawati
Muzhir Ihsan
Kepemimpinan perempuan masih menjadi hal yang tabu bagi sebagaian masyarakat, karena masih menganggap perempuan tidaklah sehebat dan sekuat laki-laki. Namun zaman yang terus berubah memberikan fakta baru bahwa perempuan bisa memimpin layaknya laki-laki dan bahkan melebihinya, karena perempuan lebih multitalen, lebih memberdayakan, lebih komunikatif, memberi teladan, penyayang dan keibuan, cerdas dan teliti serta bertanggung jawab. Secara teologis tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki dari hal kepemimpinan karena masing-masing memiliki peran yang berbeda sesuai dengan fitrahnya. Pada penelitian ini penulis mencoba untuk menjelaskan bagimana kepemimpinan perempuan dalam presfektif Islam terhadap Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Pamijahan Bogor dengan metode penelitian pendekatan kualitatif berdasarkan analisis data tiga tahapan yaitu Reduksi Data (data reducation), Penyajian Data (data display), dan Verifikasi (conclusiondrawing) atau biasa disebut dengan Triangulasi data yakni menggabungkan berbagai data dan sumber yang telah ada. Dari penelitian ini menunjukan bahwa pemimpin perempuan dalam Presfektif Islam di SMA Muhammadiyah mampu memberikan teladan serta selalu berupaya untuk memajukan lembaga pendidikan yang dipimpinnya dan hal tersebut dapat dilihat dari berkembangnya baik kualitas sarana dan prasana maupun kuantitas dari peserta didik yang terus bertambah banyak.
Aburdene, P., & Naisbitt, J. ( 1992). Megatrend for Women. United States. Villard Books.
Arif, H. (2019). Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di MI Nurul Quran Pagutan) 2018/2019. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Bayahi, R., Abeng, T.D.E., Kryati, L.(2021). Peran Kepemimpinan Perempuan dalam Pengembangan Mutu Madrasah: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Journal of Gender and Childreen Studies. 1(1). 11-27.
Chalil, M. (1984). Nilai Wanita. Solo: Rahmadani.
Danim, S, (2005). Menjadi Komunitas Pembelajar: Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Kafidhoh, S. (2019). Kepemimpinan Perempuan Dalam Pendidikan Islam (Studi atas Peran Umi Waheeda dalam Mengelola Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung). Alim Journal of Islamic Educatioan. 1(2). 427-462.
Khofifah, R., Rahmawati, I., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Indonesian Journal of Science, 1(1), 18–26.
Kartono, K. (2002). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Pemimpin Abnormal Itu?. Jakarta:CV. Rajawali.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Commitment to Teacher’s Work and Authentic Leadership in the Industrial Revolution Era 4.0. 400(Icream 2019), 76–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.143
Novianty, D. (2014). Efektivitas Kepemimpinan Perempuan Dalam Karir. MUSAWA Journal For Gender Studies, 6(1).
Putra, D. K. S. (2018). Political social responsibility: Dinamika komunikasi politik dialogis. books.google.com.https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=0QLwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=haji+transgender&ots=421VMjArK&sig=fkCdeMh26T_B_gOeGRtLMNAxqBw.
Pramudyo, A.(2013). Implementasi Manajemen Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntasi. 1(2).
Syamsulrizal, S. (2020). Peran Kepemimpinan dan Penerapan Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Daya Saing Organisasi Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Bisnis Internasional. 1(1).
Tanggareng, T. ( 2015). Kepemimpinan Perempuan Dalam Prespektif Hadits. KARSA. 23(1). 166-178.
Wahjosumidjo. (1987). Kepemimpinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.