Lingkungan Keluarga Terhadap Kebiasaan Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Isi Artikel Utama
Patimah
Joko Trimulyo
Kebiasaan membaca siswa ialah satu diantara kompetensi yang perlu dikuasai siswa, apalagi di abad 21 kini harus dikembangkan kearah kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan guna memahami dampak lingkungan keluarga pada kebiasaan membaca siswa MI di Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan Teknik analisis data regresi linier sederhana dengan melibatkan 27 siswa MI kelas V. Data dikumpulkan melalui angket dengan skala likert mengenai kebiasaan membaca siswa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kebiasaan membaca dikarenakan taraf signifikasi yang didapatkan sebesar 0,206 > 0,05. Maka rekomendasi pada penelitian selanjutnya yakni aspek internal dari diri siswa harus lebih ditingkatkan lagi dikarenakan faktor internal lebih mempengaruhi daripada faktor eksternal dalam hal kebiasaan membaca.
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al Quran Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Kajian Pustaka). El Muztama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(41), 1–20.
Fatmawati, E. (2020). Analisis Faktor Lingkungan Terhadap Kebiasaan Baca Siswa Kelas I SD 3 Demaan Kudus. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 55–70.
Gunarsa, singgih D. (1986). Psikologi Perkembangan Remaja. Gunung Mulia.
Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Muhammad, H., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif.
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Helmawati. (2020). Pendidikan Keluarga (Muliawati (ed.); kedua, Agu). PT. Remaja Rosdakarya.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Kuşdemir, Y., & Bulut, P. (2018). The Relationship between Elementary School Students’ Reading Comprehension and Reading Motivation. Journal of Education and Training Studies, 6(12), 97. https://doi.org/10.11114/jets.v6i12.3595
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, H., & Sopandi, W. (2021). Radec Learning To The Elementary School Teachers ’ Competence In Training Students ’ Critical Thinking Skills : A Case Study During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.28655
Lestari, & Siskandar, R. (2021). Cultivating Green Behavior of Eco Literation-Based Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. Journal of Research in Science Education, 7(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.477 Introduction
Lilis Nur Chotimah. (2017). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11, 75–80.
Muslih, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 41–50.
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Putra, R. M. S. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini (Cet. 1). Indeks.
Rahayu, W., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152–162.
Sali, N., Avicenna, A., Susilowati, E., Ernawati, E. A., Panjaitan, M. M., Yustita, A., Susanti, S. saodah, Saputro, A. N., Muslimin, T., Saputro, D., & Lestari, H. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rhineka Cipta.
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, A., Kuswandi, F. S., Lena Sastri, I. F., Aswan, N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian.
Tampubolon. (1990). Kemampuan Membaca (Teknik Membaca Efektif dan Efisien). Angkasa.
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134
Widyamartaya. (1991). Kreatif Mengarang. Kanisius.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31.
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.