PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 14 MERANTI
Isi Artikel Utama
Rahmadhani Syahpitri
Rani Permata Sari
Ria Azhari Siagian
Model pembelajaran kooperatif make a match pada kenyataannya dilapangan belum diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam di SDN 14 Meranti secara optimal dikelas. Pada saat penerapan metode tersebut ada beberapa siswa yang aktif dan beberapa siswa yang
tidak aktif, hal ini menyebabkan pembelajaran tidak optimal karena tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut menyebabkan tidak semua siswa dapat membangun pengetahuan, sikap dan keterampilannya sehingga menyebabkan hasil belajar
kurang optimal. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif deskriptif, karena penelitian ini lebih menekankan analisisnya pada proses
penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena
yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan,
seperti di lingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan, dan
lembaga pendidikan. Penelitian ini akan dilakukan di SDN 14 Meranti. Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran pendidikan agama Islam di
kelas III di SDN 14 Meranti berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal
ini di buktikan karena dilihat setelah melakukan penilaian pada siklus 1 mencapai nilai ratarata
ialah
68,
03
yang sebelumnya 65,20. Dan pada siklus ke 2, nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran ini bisa.mencapai 81,71. Model pembelajaran tersebut juga membantu siswa membangun pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga menyebabkan hasil belajar menjadi optimal dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan.