Primer Edukasi Journal https://jurnal-inais.id/index.php/JPE <p><em><strong>PRIMER EDUKASIA</strong> is an Islamic education journal published by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) of the Sahid Islamic Entrepreneurial University (INAIS) Bogor. It is a semi-annual journal published in June and December to develop Islamic education, especially Islamic basic education and maintain scientific traditions in universities. Editors accept scientific articles and research results according to their segmentation as an Islamic basic education journal, in the form of developing teaching materials, curriculum, learning design, basic education management, and learning practices.</em></p> <p><em><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220828142378510">E-ISSN 2961-9742</a></em></p> <p> </p> id-ID keriskartono2017@gmail.com (KERIS KARTONO) admin@jurnal.inais.ac.id (Jurnal INAIS) Tue, 30 Jan 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.6 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Fenomena Penyewaan Wi-Fi untuk Mencari Sumber Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Kampung Nangkasari 1 Pamijahan Bogor https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/371 <p style="text-align: justify; text-indent: 36.0pt;"><span lang="EN-US" style="font-size: 10.0pt;">Penelitian ini mengeksplorasi fenomena penyewaan Wi-Fi pada anak sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman konsumen penyewa Wi-Fi, pengalaman penyedia jasa Wi-Fi, dan pengalaman orang tua dalam mendampingi anak-anak menggunakan penyewaan Wi-Fi. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian terdiri dari 4 informan konsumen penyewa Wi-Fi, 2 informan penyedia jasa Wi-Fi, 4 informan orang tua dari konsumen penyewa Wi-Fi, dan 1 informan kunci aparat desa (RT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan tiga poin utama. Pertama, anak-anak mengalami beragam pengalaman dalam penggunaan layanan ini, dengan efek positif seperti kemudahan dalam pencarian sumber pembelajaran, tetapi juga potensi risiko terkait penggunaan internet yang tidak terawasi. Kedua, penyedia jasa Wi-Fi menghadapi tantangan beragam, mulai dari permintaan anak-anak hingga pengaturan tarif dan jadwal penyewaan. Ketiga, orang tua memegang peran penting dalam mendampingi anak-anak saat menggunakan Wi-Fi, terkait dengan pengawasan, penggunaan yang bijaksana, dan pengaturan waktu penggunaan internet. Pola asuh yang cenderung permisif disebabkan oleh ketidaktahuan orang tua dalam mengoperasikan gadget dan kebiasaan pasca-pandemi Covid-19.</span></p> Nurul Fitriana rahmah, Rusdiono Mukri, Tita Hasanah Hak Cipta (c) 2024 Nurul Fitriana rahmah, Rusdiono Mukri, Tita Hasanah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/371 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi Learning Start with a Question dengan Media Video Animasi terhadap Literasi Membaca Peserta Didik Kelas V di SDIT Al Ghifari https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/372 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh implementasi strategi <em>learning start with a question</em> dengan media video animasi terhadap literasi membaca peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah kelas V-B dan C Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Ghifari berjumlah 59 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok eskperimen dan kontrol. Metode yang digunakan adalah <em>quasy eksperimen</em> dengan<em> pre-post test two control group design</em>. Instrumen yang digunakan yaitu tes literasi membaca, observasi dan wawancara. Tes literasi membaca dibagi menjadi dua tahap yaitu <em>pretest </em><em>and posttes</em>. Hasil tes literasi membaca dari penelitian ini diperoleh skor rata-rata <em>pretest</em> kelas eksperimen16,5 dan skor rata-rata pada <em>posttest</em> kelas ekperimen adalah 25,74. Sedangkan untuk skor <em>pretest</em> kelas kontrol adalah 15,83 dan skor rata-rata <em>posttest</em> 18,97. Pengelolaan data menggunakan <em>SPPS 24 For Windows</em> dengan dua uji-t yaitu <em>Paired sample t-test</em> dan <em>Independent sampel t-test</em> pada ɑ (0,05) dan perolehan nilai sig 0.000 &lt; ɑ (0,05). Hasil dari penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara <em>pretest </em><em>and posttes</em> kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya diperoleh nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,558 (kategori sedang) sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 0,216 (kategori rendah). Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh terhadap implementasi <em>strategi learning start with a question</em> dengan media video animasi terhadap kelas eksperimen</p> Suliyantini, Hana Lestari, Muzir Ihsan Hak Cipta (c) 2024 Suliyantini, Hana Lestari, Muzir Ihsan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/372 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perbandingan Penggunaan Media Visual dan Media Audio terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V MIN 1 Manggarai Flores https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/373 <p>Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil akhir pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN 1 Manggarai Flores yang ditampilkan dengan memanfaatkan media visual. Untuk menggambarkan akibat pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN 1 Manggarai Flores yang diajar dengan memanfaatkan media suara, menganalisis perbedaan hasil dalam pembelajaran di kelas V C MIN 1 Manggarai Flores antara yang dibelajarkan menggunakan media visual dan yang dibelajarkan menggunakan media suara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksplorasi dengan menggunakan disain penelitian Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Strategi pengujian yang digunakan adalah multi-stage random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa adalah berbagai tes keputusan. Hasil penelitian menunjukkan, hasil pretest siswa kelas V B yang dibelajarkan menggunakan media visual adalah 51,9. Sedangkan nilai normal posttest adalah 79,25 dengan selisih 27,35.&nbsp; Hasil pretest siswa kelas V C yang dibelajarkan menggunakan media suara adalah 44,5. Sedangkan nilai normal posttest adalah 71,2 dengan selisih 26,7. Hasil uji spekulasi informasi setelah pemanfaatan media visual dan media suara pada dua pertemuan dengan pengukuran didapatkan nilai kritis 0,008 dan tingkat kepercayaan 0,05. &nbsp;Maka diduga terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat besar pada kelas V B yang dibelajarkan menggunakan media visual dan kelas V C yang dibelajarkan menggunakan media suara</p> Ida Wati, Ilyas Ismail, Andi Halimah Hak Cipta (c) 2024 Ida Wati, Ilyas Ismail, Andi Halimah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/373 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online di Rumah dengan Sikap Disiplin Beribadah Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SDN No. 138 Inpres Manggulabbe Kabupaten Takalar https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/374 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana kebiasaan bermain game online, (2)Bagaimana sikap disiplin beribadah shalat, dan (3) Apakah kebiasaan bermain game online di rumah berhubungan dengan sikap disiplin beribadah shalat peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN No. 138 Inpres Manggulabbe Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data yang berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini siswa yang memiliki kebiasaan bermain <em>game </em>dengan jumlah siswa sebanyak 220 orang. Adapun sampel pada penelitian ini 41 orang. Instrumen pada penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. &nbsp;Instrumen diuji keabsahannya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta dianalisis menggunakan uji deskriptif dan uji inferensial. Dari hasil penelitian terdapat hubungan negatif dan positif antara variabel X, kebiasaan bermain game online di rumah, dengan variable Y, sikap disiplin ibadah shalat peserta didik SDN No. 138 Inpres Manggulabbe Kabupaten Takalar.</p> Anita Syarif, Marjuni, Saprin Hak Cipta (c) 2024 Anita Syarif, Marjuni, Saprin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/374 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Peserta Didik Kelas I SDN 8 Oheo Kab. Konawe Utara https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/375 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan peserta didik sebelum penggunaan media roda putar di SDN 8 Oheo, Kabupaten Konawe Utara, (2) Kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan setelah penggunaan media roda putar di SDN 8 Oheo Kabupaten Konawe Utara, dan (3) Apakah terdapat perbedaan setelah penggunaan media roda putar di kelas I SDN 8 Oheo Kabupaten Konawe Utara. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media roda putar yaitu 40,86 berada pada kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar setelah diajar menggunakan media roda putar sebesar 74,78 berada pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah diajar menggunakan media roda putar, jika dilihat dari rata-rata hasil belajar <em>Post-test</em> lebih besar dari nilai <em>Pre-test</em>. Jadi penggunaan media roda putar dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan peserta didik di kelas I SDN 8 Oheo, Kabupaten Konawe Utara.</p> St. Nurinsana, Hamsiah Djafar, Rosdiana Hak Cipta (c) 2024 St. Nurinsana, Hamsiah Djafar, Rosdiana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/375 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penggunaan Media Video Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/376 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengemukakan bagaimana penggunaan media video pembelajaran akidah ahlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa. (2) Mengetahui bagaimana pembelajaran akidah akhlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa. (3) Mengetahui apakah penggunaan media video pada pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter peserta didik kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran akidah akhlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng, dibagi ke dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pembelajaran akidah akhlak di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng dalam menyajikan pembelajaran tetap berpatokan pada silabus dan RPP. Penggunaan media video pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter peserta didik di kelas V MIS YAPIT Bontobiraeng, terlihat jelas perubahan karakter peserta didik yang positif setelah menggunakan media video pembelajaran, peserta didik yang malas atau sering terlambat, menjadi rajin dan tidak pernah terlambat lagi dikarenakan proses penyajiannya yang mudah dan menyenangkan membuat peserta didik tertarik dan bersemangat dalam proses pembelajaran.</p> M. Rasyid, Wahyuddin Naro, rosdiana Naro Hak Cipta (c) 2024 M. Rasyid, Wahyuddin Naro, rosdiana Naro https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/376 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas Penerapan Metode Hiwar dan Kisah terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas V SDN Pannyangkalang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/377 <p>Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan metode <em>hiwar</em> dan kisah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti melalui penerapan metode <em>hiwar</em> peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang, 2) Mendeskripsikan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti melalui penerapan metode kisah peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang, dan 3) Menganalisis tingkat efektivitas penerapan metode <em>hiwar</em> dan kisah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (<em>Quasi Experiment</em>). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SDN Pannyangkalang yang berjumlah 170 anak dengan sampel yaitu kelas V yang berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel adalah <em>purposive sampling.</em> Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode <em>hiwar</em> sebesar 81,20 menunjukkan kategori tinggi dan yang menggunakan metode kisah sebesar 86,47 juga menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial untuk hasil belajar menunjukkan bahwa t<sub>hitung</sub> yang diperoleh sebesar 3,065 dan t<sub>tabel</sub> sebesar 2,048 sehingga t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub>. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode <em>hiwar</em> dan kisah efektif meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SDN Pannyangkalang.</p> Nurafni, Usman, Muhammad Rusmin B Hak Cipta (c) 2024 Nurafni, Usman, Muhammad Rusmin B https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/377 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Mata Pelajaran IPA di MIS Serre Kabupaten Bulukumba https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/378 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Modul Pada Materi Sistem Pernapasan Makhluk Hidup Kelas V MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>research and development</em>(R&amp;D) dengan menggunakan model pengembangan <em>ADDIE </em><em>(Analysis, Design, Development, Implementatuon, Evaluation).</em> Subjek uji coba dalam penelitian ini peserta didik kelas V MIS Serre Kabupaten Bulukumba. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil validasi kategorikan valid dengan nilai sebesar 4,2. (2) tingkat kepraktisan modul berada pada ketegori sangat baik. (3) tingkat keefektifan modul dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan rata-rata 4,7 berada pada kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik dengan rata-rata 86,7%, hasil analisis aktivitas peserta didik tersebut berada pada kategori sangat aktif dan tes hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 87. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis <em>Mind Mapping</em> pada materi sistem pernafasan makhluk hidup ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran</p> Ummy Mutiah Shaleha, Usman, Muzakkir Hak Cipta (c) 2024 Ummy Mutiah Shaleha, Usman, Muzakkir https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/378 Sun, 28 Jan 2024 00:00:00 +0000