IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MIN 5 SRAGEN
Isi Artikel Utama
Rabiatul Adawiyah
Kurniawan
Asep Abdurrohman
Febry Amirullah
Herwanita Amirullah
Husriah Amirullah
Haslindah Hasan
Sri Julyarti Halid
Kualitas pendidikan dari suatu instansi tidak lepas dari Manajemen Strategik yang diterapkan. MIN 5 Sragen merupakan salah satu sekolah di bawah naungan Kementerian Agama di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Maka dari itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk 1) menganalisis implementasi Manajemen Strategik yang telah dilakukan oleh MIN 5 Sragen 2) mengetahui pengaruh implementasi Manajemen Strategik terhadap kualitas pendidikan di MIN 5 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis deskriptif yang dilakukan dengan berbagai teknik pengambilan data seperti angket tertutup, wawancara mendalam, dan observasi. Data yang dihasilkan dianalisis dengan metode interaktif yang dicetuskan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 5 Sragen telah melaksanakan manajemen strategik melalui enam tahap, yaitu 1) perumusan visi misi sekolah; 2) analisis lingkungan internal; 3) analisis lingkungan eksternal; 4) analisis dan penetapan tujuan, sasaran, dan perencanaan strategi; 5) implementasi manajemen strategik; dan 6) evaluasi manajemen strategik. Setiap tahap tersebut telah dilaksanakan dengan baik sehingga MIN 5 Sragen mampu mendulang manfaat dari implementasi manajemen strategik tersebut.
Amrullah, M. A., Setyowati, S., & Supratno, H. (2019). Implementasi Manajemen Strategik di Sekolah Unggulan SMP Negeri 3 Tuban. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 101–113. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p101-113
Basri, B., Ridwan, M., Maudin, M., & Asykur, M. (2022). Madrasah Strategic Management in Improving The Quality of Human Resources. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 408–420. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3240
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fourth Edition. Sage Publication, Inc.
David, F. R. (2009). Stategic Management, terj. Dono Sunardi, edisi 12. Salemba Empat.
Fahruddin, A. A. (2018). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Karakter Religius. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(1), 41–57.
Johnson, G., Scholes, K., & Whittington, R. (2011). Exploring Corporate Strategy (9th Education). Prentice Hall.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2001). The Strategy-Focused Organization: How Balanced Scorecard Companies Thrive in the New Business Environment. Harvard Business Press.
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630
Maulida, N. Z., & Rohmah, N. D. (2022). Manajemen Strategis Sekolah Unggulan Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.59897
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 3rd Edition. Sage Publication, Inc.
Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management (13th Education) (Pearson Ed).
Schlechty, P. C. (2009). Leading for Learning: How to Transform Schools into Learning Organizations. Jossey-Bass.
Semuel, H., & Wijaya, V. (2017). Analisis Kepercayaan, Motivasi dan Kepuasan Orang Tua Siswa SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.1-10
Siagian, S. (2012). Manajemen Strategik. Bumi Aksara.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). Pearson Education, Inc.