KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IHYA CIGUGUR KUNINGAN
Isi Artikel Utama
Restu Banu Aji
Hari Bukhori Muslim
Pendidikan pendekatan karakter cukup mempengaruhi motivasi dan hasil belajar santri agar bisa memberikan stimulan belajar yang maksimal. Monotonnya cara pendekatan pembelajaran merupakan salah satu penghambat dalam kegiatan pembelajaran sehingga santri kurang antusias dalam belajar dan menjadikan pembelajaran yang kaku. Penelitian ini betujuan Untuk mengetahui penerapan konsep pendidikan karakter dalam perspektif kitab Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitiannya adalah: 1) Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaannya; 2) Konsep pendidikan karakter santri melalui pembelajaran Tali’mul Muta’allim di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur Kuningan adalah dibentuk dengan mengarahkan santri untuk selalu bertingkah laku yang baik, baik tata kramanya, sopan santunnya terhadap guru, maupun cara menghargai teman; dan 3) Cara yang digunakan dalam penerapan menuntut ilmu bagi santri melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur Kuningan yaitu guru senantiasa memberi arahan bagaimana cara menuntut ilmu yang baik. Guru mengajarkan betapa pentingnya menuntut ilmu bagi seorang santri. Selalu mengarahkan santri bahwa menuntut ilmu sangatlah penting bagi dirinya karena untuk menggapai cita-citanya harus dengan menggunakan ilmu.
Aibak, K. (2003). Dinamika Pndidikan Islam (Studi Krisis Tantangan dan Peran Pendidikan Islam dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dalam Jurnal Dinamika Penelitian Pendidikan. vol. 5. no. 2 (hal. hal. 120-121). Oktober.
Ali, N. (2009). Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik hingga Kontemporer. UIN Malang Press.
As’ad, A. (2007). Terjemah Ta’limul Muta’allim, Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.
Bahreisy, S., & Bahreisy, A. (2001). Tarjamah Al-Qur’an Al-Hakim. Surabaya: CV Sahabat Ilmu.
Harefa, A. (2002). Sekolah saja tidak pernah cukup: menyoal pendidikan persekolahan dan pencarian alternatif pembelajaran. Gramedia Pustaka Utama.
Hasan, T., Wingjosoebroto, S., Wahab, S. A., Islami, M. I., Bakri, M., & Sutopo, H. B. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Cetakan Kedua). LP-Universitas Islam Malang dan Visipress. Surabaya.
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24–30.
Heri, J. (2008). Fikih pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, hal. 1.
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, M. E. (2001). Mengoptimalkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal Ilmiah tarbiyah: Tulungagung, hal. 80.
Mulyatiningsih, E. (2011). Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Yogyakarta: UNY, dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/Dra-Endang-Mulyatiningsih,-M. Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-karakter. pdf, diakses pada, 8.
Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At-Ta’dib, 11(1).
Sahlan, A. (2010). Mewujudkan budaya religius di sekolah: upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi. UIN-Maliki Press.
Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter. CV Pustaka Setia.
Sodiman, S. (2013). Etos Belajar Dalam Kitab Ta’liim Al-Muta’allim Thaariq Al-Ta’allum Karya Imam Al-Zarnuji. AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 56–72.
Soewandi, S. D. K. K., Widharyanto, B., Bram, B., & Nugraha, Y. F. S. T. (2005). Pelangi Pendidikan. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.
Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.
Syaodih Sukmadinata, N. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 169–170.
Tajdad. (2000). Perbandingan Pendidikan. Karya Abditama.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Yogyakarta: Teras.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY press.
Zulkarnain. (2008). Transformasi Nilai-nilai Pendidikan islam manajemen berorientasi Link and Match (hal. hal. 16). Bengkulu: Pustaka Pelajar.